Sekretaris Perusahaan

Rininta Agustina Widyapratika Sekretaris Perusahaan

Warga negara Indonesia, lahir pada tahun 1986, berdomisili di Jakarta dan menjabat sebagai Sekretaris Perusahaan sejak tanggal 16 Agustus 2022. Beliau memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Universitas Katolik Parahyangan pada tahun 2008. Rininta ditunjuk sebagai Sekretaris Perusahaan Astragraphia berdasarkan Surat Keputusan Sirkular Direksi No. CSL/AG-109-VIII-2022 tanggal 16 Agustus 2022. Penunjukan beliau sebagai Sekretaris Perusahaan telah dilaporkan kepada Otoritas Jasa Keuangan. Beliau tidak memiliki rangkap jabatan baik di lingkungan Astragraphia maupun entitas lainnya. Memulai kariernya di Astragraphia sebagai Legal Analyst pada tahun 2008 dan diangkat sebagai Corporate Secretary & Legal Dept. Head pada tahun 2020.

Sekretaris Perusahaan bertanggung jawab untuk mendukung terciptanya tata kelola perusahaan yang baik secara konsisten dan berkesinambungan di perusahaan melalui pengelolaan program komunikasi yang efektif kepada segenap pemangku kepentingan.

 

Sekretaris Perusahaan memiliki fungsi utama dalam rangka membantu tugas Direksi, yaitu sebagai liaison officer, hubungan antar institusi, implementasi GCG, serta administrasi dokumen kebijakan dan notulensi rapat Direksi.

 

Tugas dan Tanggung Jawab Sekretaris Perusahaan

Sekretaris Perusahaan bertanggung jawab kepada Direksi dan memiliki fungsi antara lain sebagai berikut:

  1. Memberikan masukkan kepada Direksi dan Dewan Komisaris mengenai ketentuan peraturan perundangan di bidang pasar modal;

  2. Memastikan rapat Direksi, rapat Dewan Komisaris, Rapat Komite Audit, dan Rapat Komite Nominasi dan Remunerasi berjalan dengan baik dan sesuai jadwal, serta dibuatkan risalahnya dan disimpan dengan baik;

  3. Memastikan terlaksananya Rapat Umum Pemegang Saham dengan baik dan teratur;

  4. Melakukan sinergi dengan divisi-divisi terkait untuk sosialisasi, implementasi, pengawasan dan penelaahan pelaksanaan Astragraphia Code of Conduct;

  5. Sebagai penghubung atau contact person antara Perseroan dan Otoritas Jasa Keuangan, Bursa Efek Indonesia dan publik;

  6. Memastikan dijalankannya administrasi, pendaftaran dan pelaporan kepada Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia dengan baik dan tepat waktu;

  7. Menyiapkan dan/atau mengkomunikasikan informasi material dengan akurat dan memadai kepada masyarakat pasar modal Indonesia, termasuk mengenai kinerja dan aksi korporasi (corporate action) Perseroan;

  8. Menjalin hubungan baik dengan pemangku kepentingan untuk membina kepercayaan atas kemampuan manajemen dalam mengelola Perseroan dan membangun nilai jangka panjang bagi pemangku kepentingan;

  9. Melaksanaan program orientasi bagi anggota Direksi dan/atau Dewan Komisaris yang baru menjabat;

  10. Mengikuti perkembangan pasar modal, khususnya peraturan-peraturan yang berlaku serta praktik-praktik internasional berkaitan dengan tata kelola perusahaan yang baik.