Kolaborasi Apik Astragraphia dengan Harian Jogja & Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kota Yogyakarta, Lahirkan Kelas ASIK Yogyakarta

Yogyakarta, Daerah Istimewa yang kental akan budaya dan kreatifitas menjadi tujuan penyelenggaraan Kelas Astragraphia untuk Indonesia Kreatif (Kelas ASIK) pada tanggal 4 Oktober 2023 di Pusat Desain Industri Nasional (PDIN) Jl. C. Simanjuntak, Kemantren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. 

Indiana Ulfah Sitompul, Business Application Designer PT Astra Graphia Tbk berinteraksi dengan UMKM Kelas ASIK Yogyakarta

Peserta UMKM Kelas ASIK Yogyakarta menjawab pertanyaan dari narasumber Kelas ASIK

Sejumlah 42 UMKM sub sektor kuliner, fesyen, dan kriya, hadir pada pelatihan bertema ‘Kemasan Ayu, Dodolan Payu’ yang menghadirkan tiga orang narasumber dengan pembahasan seputar pengembangan UMKM dan kemasan kreatif. 

Wahyudi, Branch Manager PT Astra Graphia Tbk Semarang berpose bersama Yohan Gunawan, Owner Explora

Kelas ASIK kali ini merupakan kolaborasi antara Astragraphia dengan Harian Jogja dalam rangka mewujudkan UMKM yang lebih berdaya saing, go-online, dan naik kelas. Selain memberikan pelatihan, Astragraphia melalui graphic art partner Explora juga memberikan fasilitas cetak gratis stiker, label, dan sebagainya yang dicetak menggunakan mesin Fujifilm.

Drs. Tri Karyadi Riyanto Raharjo, S.H., M.Si., Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kota Yogyakarta memberikan materi tentang ‘Kebijakan Pengembangan UMKM Kota Yogyakarta’

Pemaparan tentang ‘Kebijakan Pengembangan UMKM Kota Yogyakarta’ menjadi materi Kelas ASIK sesi awal, yang dibawakan oleh Drs. Tri Karyadi Riyanto Raharjo, S.H., M.Si selaku Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kota Yogyakarta. Kemudian dilanjutkan dengan materi sesi kedua ‘Kemasan Menarik Bikin Kosumen Melirik’ oleh Indiana Ulfah Sitompul, Business Application Designer PT Astra Graphia Tbk yang memberi inspirasi mengenai kemasan yang menarik agar menarik mata calon konsumen. Dan sesi terakhir diisi oleh Ani Susanti dan Wahyudi Antoro dengan tips Seputar ‘Kemasan Cantik yang dapat Membuat Omset Naik.’ 

Pada kesempatan ini Wahyudi, Branch Manager PT Astra Graphia Tbk Semarang mengatakan bahwa Yogyakarta dipilih menjadi kota tujuan karena identik dengan kota yang kreatif. "Kalau bicara industri yang ada di Jogja kan tourism, hospitality, dan pendidikan. Kami cukup surprise juga kalau bicara UMKM kan luar biasa banyak sekali, yang ada di Yogya sekitar 13.000 UMKM. Menurut kami ini harus berkontribusi positif. Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan awareness teman-teman UMKM di Kota Jogja untuk membuat branding dari sisi packaging dan labeling. Sehingga nilai dari produk bisa meningkat. Kami pengin UMKM naik kelas. Jika UMKM naik kelas dari sisi revenue ekonomi akan tumbuh."

Melalui pelatihan Kelas ASIK, pelaku UMKM semakin memahami pentingnya tampilan kemasan yang menarik untuk menarik minat calon konsumen. Apalagi dengan hadirnya teknologi digital printing, pencetakan kemasan seperti stiker, label, dan lain sebagainya dapat dilakukan dengan jumlah minimum sehingga meringankan ongkos produksi.