23 Februari 2024 - Pangkalpinang menjadi kota pertama di tahun 2024 yang menjadi lokasi penyelenggaraan Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif (Kelas ASIK), dan diikuti oleh 50 UMKM sub sektor kuliner, fesyen, dan kriya. Pada event yang berlangsung hari ini, Kelas ASIK mengangkat tema “Kemasan Cantik, Konsumen Tertarik”.
Tiga buah materi yang sarat akan informasi terkini menjadi santapan seluruh peserta UMKM yang hadir, diantaranya:
• Tema 1: “Peran Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Terhadap Akselerasi Pengembangan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kota Pangkalpinang” dibawakan oleh Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Pemerintah Kota Pangkalpinang, Andika Saputra, S.H., M.H.
• Tema 2: “Kemasan Cantik Datangkan Cuan” dibawakan oleh Business Consultant Production PT Astra Graphia Tbk, M. Farhan Allen Asri.
• Tema 3: Pentingnya Branding dan Packaging untuk UMKM dibawakan oleh CEO & Founder Papa Group Indonesia, Agung Pratama.
Mengutip Bangkapos.com, Branch Manager PT Astra Graphia Tbk, Taufick Zainurramadhani mengungkapkan bahwa “Pelatihan ini menjadi komitmen kita (Astragraphia), bagaimana bisa membantu teman UMKM menciptakan sebuah produk yang lebih menarik. Dan kita sudah lakukan beberapa kali di beberapa kota seperti Yogyakarta, Semarang dan tahun 2024 di Kota Pangkalpinang”. Pelatihan ini kebetulan digelar mendekati momen Ramadan. Dan kita juga bisa bantu teman-teman UMKM bikin produk kemasan tema Ramadan atau hampers agar kemasannnya semakin cantik”. Pada penyelenggaraan Kelas ASIK Pangkalpinang, Astragraphia berkolaborasi dengan Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Pemerintah Kota Pangkalpinang, dan Bangka Pos.