Pengembangan Sosial Kemasyarakatan

PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) terus mendorong penciptaan nilai tambah bagi pemangku kepentingan dalam rangka menjaga keberlangsungan bisnis dengan menyeimbangkan aspek ekonomi, sosial, lingkungan, dan tata kelola. Komitmen ini diwujudkan dalam program kontribusi sosial berkelanjutan yang diimplementasikan melalui empat pilar utama, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, dan Kewirausahaan. Seluruh program kontribusi sosial yang Astragraphia jalankan bertujuan untuk memberikan dampak dan manfaat yang berkelanjutan bagi penerima program. Berlandaskan pada Budaya Perusahaan VIPS, Astragraphia berkomitmen untuk selalu menjadi Perusahaan yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Peri Kehidupan.

 

Astra Friendly Company 

Astragraphia menerapkan pedoman Astra Friendly Company (AFC) dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial (CSR). Dengan pedoman ini, Astragraphia dapat menerapkan program kerja CSR secara sistematis dengan mempertimbangkan hak-hak pemangku kepentingan.
AFC disusun dengan referensi dari berbagai standar atau panduan nasional maupun internasional. Kriteria AFC terdiri dari sistem manajemen (terdiri dari pilar value, mindset, dan behavior), implementasi program CSR, persepsi masyarakat dan donasi. Penerapan AFC dilakukan dengan pelaksanaan audit AFC secara berkala oleh Astra.

 

Target/Rencana Kegiatan yang Ditetapkan Manajemen

Untuk tahun 2020, kami merencanakan beberapa kegiatan pengembangan sosial kemasyarakatan berupa:

  1. Pencetakan dan penyebaran buku aktivitas bagi anak-anak usia dini di daerah yang membutuhkan.
  2. Meneruskan dan memperluas pelaksanaan Competence Aid Program (CAP), pembekalan pendidikan teknologi informasi bagi siswa sekolah SMK sampai dengan Universitas.
  3. Pelatihan mengenai digital printing dan kreatif untuk UMKM guna mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia. 
  4. Donor darah karyawan Astragraphia yang dilaksanakan empat kali dalam setahun. 
  5. Donasi bagi masyarakat sekitar. 
  6. Melakukan pembinaan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
  7. Memberikan beasiswa kepada siswa/siswi SMK

Pelaksanaan Kegiatan/Jenis Program


Penggunaan Tenaga Kerja Lokal

Astragraphia beroperasi dalam 32 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam proses rekrutmen karyawan Astragraphia memprioritaskan kesempatan bagi masyarakat setempat.

 

Realisasi Kegiatan CSR 

 

A. Pilar Kesehatan

1. Posyandu Binaan

PT Astra Graphia Tbk memberikan pendampingan dan membina 3 Posyandu di Jakarta dan Denpasar, dengan fokus utama mengedukasi kader mengenai pendataan balita melalui aplikasi iPosyandu menuju implementasi Posyandu Digital. Aktivitas pendampingan dan pembinaan yang dilakukan antara lain pelatihan Kader Posyandu, bantuan makanan tambahan untuk balita, serta pemberian bantuan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh Posyandu.

2. Dukungan Sentra Vaksinasi Covid-19

Astragraphia memfasilitasi tiga Sentra Vaksinasi Covid-19 di Jakarta & Semarang dengan perangkat cetak multifungsi dan kertas untuk memenuhi kebutuhan solusi pengelolaan dokumen (print, scan, copy) dan administrasi. Selain dukungan fasilitas cetak, Astragraphia juga memberikan bantuan berupa penyediaan petugas lapangan, penyediaan tenaga kesehatan tambahan, perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD), hingga pengadaan konsumsi bagi para petugas dan tenaga kesehatan di beberapa lokasi Sentra Vaksinasi Covid-19.

 

B. Pilar Pendidikan

Competence Aid Program (CAP) adalah kontribusi sosial berkelanjutan PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) di pilar pendidikan yang sudah berjalan sejak tahun 2000. CAP dirancang untuk membantu siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan mahasiswa/i mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja. Materi CAP dibawakan langsung oleh Insan Astragraphia yang terlibat sebagai pemateri seputar Teknologi Informasi (TI) maupun Digital Printing. Pelaksanaan CAP berkembang menyesuaikan dengan kebutuhan berupa penyesuaian kurikulum, magang, beasiswa, pemberian sarana dan prasarana, hingga penyaluran tenaga kerja ke industri terkait. Di tahun 2020, Astragraphia telah memiliki SMK Binaan yang masuk ke dalam program SMK Link & Match, program ini bertujuan untuk mendorong sinkronisasi antara pembelajaran di sekolah dengan kebutuhan industri.

 

C. Pilar Lingkungan

1. Eco Friendly Products & Eco Facility

PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) dengan dukungan FUJIFILM Business Innovation sebagai prinsipal menyediakan produk-produk yang ramah lingkungan baik ditinjau dari konsumsi energi yang dibutuhkan, maupun dari bahan pakai dan bahan dasar produk. Rangkaian produk ramah lingkungan tersebut juga menyediakan fitur-fitur layanan yang dapat meningkatkan efisiensi proses bisnis yang berujung pada penghematan biaya dan pemotongan emisi karbon akibat penggunaan listrik yang lebih hemat. Selain itu produk juga didukung dengan penggunaan toner SUPER EA-ECO yang dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan dan menurunkan emisi CO2 dengan penerapan teknologi terbaru dimana hasil cetakan dapat menempel di kertas pada suhu 10% lebih rendah dari toner biasa. Astragraphia mengolah limbah yang dihasilkan dari penggunaan mesin oleh pelanggan. Sampah seperti bahan habis pakai (toner), kemasan plastik, suku cadang yang rusak, dan lain-lain akan diolah dengan baik, untuk diperbaiki, digunakan kembali, dan didaur ulang di Eco Facility Astragraphia.

2. Semangat Kurangi Plastik

PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) membangun kepedulian terhadap keberlanjutan Bumi melalui aksi nyata Gerakan Semangat Kurangi Plastik yang merupakan gerakan sosial internal dan eksternal Perusahaan dengan tujuan mengurangi sampah plastik sekali pakai, termasuk pengelolaannya. Beberapa aktivitas yang dilakukan antara lain mengadakan webinar dan edukasi, kampanye dan program kurangi plastik di internal karyawan, penyediaan sarana pemilahan sampah di kantor pusat dan cabang, pengelolaan sampah plastik di bank sampah, hingga pengelolaan limbah plastik yang dihasilkan dari penggunaan mesin di lokasi pelanggan.

 

D. Pilar Kewirausahaan

Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif (Kelas ASIK) merupakan perwujudan semangat PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) dalam mendukung Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di industri kreatif secara berkelanjutan. Kelas ASIK mendorong UMK untuk berdaya saing dan naik kelas melalui pelatihan daring di bidang teknologi Digital Printing, Creative Packaging, Promosi Daring, serta memfasilitasi kebutuhan promosi dan pemasaran pelaku UMK. Kelas ASIK lahir di masa pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 dan kini Kelas ASIK telah menjangkau 861 UMK bidang fesyen, kuliner, dan kriya, yang berada di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bangka Belitung.

 

Komunikasi mengenai kebijakan dan prosedur anti korupsi di perusahaan, serta pelatihan mengenai anti korupsi


Astragraphia menerapkan etika bisnis, yang di dalamnya memuat larangan pemberian hadiah, hal ini tercantum dalam buku Peraturan Perusahaan yang dibagikan kepada setiap karyawan pada Bab Larangan Selama Dalam Hubungan Kerja, pasal 23. Selain itu ada pula kode etik perusahaan yang dimuat dalam situs web Astragraphia, yaitu komitmen Astragraphia dan karyawannya untuk tidak memberi kepada atau menerima dari pelanggan imbalan atau hadiah (yang substansial) yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan.

 

Dampak dari pelaksanaan kegiatan


Kegiatan CSR Astragraphia yang berfokus pada peningkatan akses pendidikan bagi anak anak Indonesia diharapkan mampu membuka kesempatan yang lebih luas bagi mereka untuk meraih masa depan yang lebih baik, menciptakan generasi penerus yang cerdas dan sejahtera.