Ketenagakerjaan, Lingkungan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja (LK3)

 

Kebijakan

Astragraphia menyadari Kesehatan dan Keselamatan Kerja sebagai hal yang penting dan salah satu faktor utama suksesnya kegiatan operasional Perusahaan. Tujuan pengelolaan Lingkungan, Keselamatan, dan Kesehatan Kerja (LK3) adalah memberikan perlindungan bagi karyawan agar mereka dapat bekerja yang nyaman dan produktivitas dapat meningkat. Untuk mendukung tujuan LK3 dan pengelolaan lingkungan serta memastikan adanya continuous improvement, Astragraphia mengadopsi dan menerapkan sertifikasi Sistem Manajemen LK3, ISO 14001: 2015, dan OHSAS 18001.

Astragraphia berkomitmen mewujudkan zero workplace accident dengan melakukan pendekatan dan pengarahan tentang keselamatan kerja (safety induction) kepada karyawan melalui berbagai media komunikasi internal perusahaan. Hal ini merupakan upaya perusahaan untuk meningkatkan keselamatan para karyawan, mencegah terjadinya kecelakaan kerja, sakit akibat kerja, sekaligus memberikan rasa aman pada seluruh karyawan dan semua orang di lingkungan perusahaan.

 

Astra Green Company

Sebagai bagian dari Grup Astra, Astragraphia menerapkan Astra Green Company (AGC) sebagai sistem manajemen LK3 untuk memantau pencapaian kinerja perusahaan terhadap pemenuhan berbagai persyaratan pengelolaan LK3 dan lingkungan di tempat kerja, termasuk peraturan perundangan dan standar nasional maupun internasional.

Pengukuran kinerja LK3 dilakukan menggunakan kriteria penilaian green strategy, process, product, employee, pencapaian critical points dan pemenuhan peraturan. Evaluasi dilakukan secara berjenjang melalui Corporate Assessment, Group Assessment dan Self- Assessment, untuk memastikan implementasi yang sesuai dengan pedoman yang ada.

 

Rencana Kegiatan Yang Ditetapkan Manajemen Dalam Bidang LK3

Mendukung upaya penghematan energi serta penyelamatan lingkungan, maka Astragraphia di tahun 2020 menetapkan 3 (tiga) program utama, yaitu:

  1. Efisiensi penggunaan energi dengan menggunakan lampu LED
  2. Pemanfaatan air limbah dengan membangun pengolahan air limbah sederhana di kantor pusat
  3. Penggunaan solar panel pada lampu penerangan di lingkungan kantor pusat

 

Kebijakan Kesetaraan Gender dan Kesempatan Kerja

Astragraphia menjunjung nilai kesetaraan gender dalam pemberian kesempatan kerja yang dimulai dari proses rekrutmen hingga pemberian struktur kesejahteraan karyawan. Dalam proses rekrutmen, Astragraphia mempertimbangkan kualifikasi yang dibutuhkan dalam posisi atau jabatan yang diisi dan tidak berdasarkan agama, ras, suku, dan gender calon karyawan.
Kebijakan kesetaraan gender juga berlaku dalam pemberian kesempatan pengembangan karir. Pemberian promosi jabatan diberikan apabila karyawan menunjukkan hasil penilaian kinerja dan kompentensi yang baik serta mampu memenuhi kualifikasi jabatan yang akan diisi.  Keberadaan kebijakan kesetaraan gender merupakan bentuk perhatian perusahaan terhadap karyawan guna menghindari adanya diskriminasi dalam lingkungan kerja.

 

Sarana dan Keselamatan Kerja

Dalam hal kesehatan dan kesejahteraan umum, semua karyawan Astragraphia mendapatkan hak atas tunjangan yang terkait dengan jabatan, indeks penempatan daerah, pernikahan, bersalin, hari raya keagamaan, makan, transportasi, pemeliharaan kesehatan, biaya rumah sakit, kacamata, dan kedukaan. Sebagai komitmen Astragraphia dalam kesehatan dan keselamatan kerja, Direksi Astragraphia membentuk tim Panitia Pembina Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan (Tim P2K3L) untuk memastikan K3 diterapkan hingga ke unit kerja terkecil. Astragraphia juga telah mengimplementasikan sertifikasi OHSAS yang menjadi standar pelaksanaan kesehatan dan keselamatan kerja di lingkup perusahaan Astragraphia. Pada masa pandemi ini, Astragraphia juga membentuk Tim Gugus Tugas COVID-19 sampai ke cabang-cabang yang berperan aktif dalam penerapan protokol kesehatan di kantor, edukasi karyawan, dan membantu karyawan dalam penanganan kasus COVID-19. Astragraphia menerapkan protokol kesehatan yang ketat di lingkungan perusahaan, penggunaan APD (Alat Pelindung Diri) termasuk untuk karyawan yang bekerja di luar kantor, serta mematuhi aturan-aturan pemerintah terkait COVID-19.

 

Sertifikasi Kesehatan  dan  Keselamatan  Kerja 

Mengenai keselamatan kerja, Astragraphia mematuhi regulasi yang berlaku tentang Keselamatan Kerja yang menimbang bahwa setiap tenaga kerja berhak mendapat perlindungan atas keselamatannya dalam melakukan pekerjaan untuk kesejahteraan hidup dan meningkatkan produksi serta produktivitas nasional. Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja tersebut selalu diterapkan Astragraphia.

 

Tingkat Turnover Karyawan

Sepanjang tahun 2020, tingkat turnover karyawan Astragraphia cukup terkendali untuk industri sejenis, dengan angka di bawah angka 5%. Hal tersebut turut didukung oleh komitmen perusahaan yang mengedepankan pengembangan kompetensi dan kesejahteraan karyawan sehingga produktivitas SDM dapat terjaga.

 

Tingkat Kecelakaan Kerja

Selama tahun 2020 tidak terjadi kecelakaan kerja di area kerja Astragraphia. Guna mencegah dan menanggulangi terjadinya kecelakaan di area kerja, Astragraphia rutin melakukan kegiatan pelatihan tanggap darurat kepada setiap karyawan. Astragraphia memiliki standar prosedur tata cara berpakaian untuk fungsi-fungsi tertentu, termasuk customer engineer yang bertugas di lapangan, termasuk tas untuk membawa perangkat yang aman dan tidak mudah jatuh. Astragraphia juga memasang rambu serta petunjuk keselamatan di lokasi kerja di beberapa tempat yang mudah terbaca untuk memandu agar potensi kecelakaan kerja tidak terjadi.

 

Pendidikan dan/atau Pelatihan

Astragraphia menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kepada karyawannya. Hal ini sebagai upaya meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang dimiliki. Dengan demikian dapat meningkatkan produktivitas karyawan dan memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggan. Jenis pelatihan yang diberikan antara lain: program orientasi untuk karyawan baru, program sertifikasi internal dan eksternal, dan program pelatihan manajemen.

 

Kebijakan Remunerasi

Astragraphia selalu memenuhi aturan Standar Upah Minimum yang telah ditetapkan oleh Pemerintah di semua kota di mana kantor Astragraphia beroperasi. Kenaikan upah diberikan setiap awal tahun kepada seluruh karyawan dengan mempertimbangkan beberapa aspek, termasuk angka inflasi yang dinyatakan oleh pemerintah, sedangkan bonus karyawan ditentukan berdasarkan pencapaian kinerja perusahaan dan hasil evaluasi kinerja karyawan tersebut.

Proses evaluasi kinerja meliputi penyusunan rencana kinerja dan target, monitoring pencapaian secara berkala, coaching and counseling oleh atasan, evaluasi hasil pencapaian serta penetapan imbalan dan hukuman (reward and punishment) sebagai konsekuensi atas kinerja yang dihasilkan. Semua kegiatan ini mengacu pada kebijakan dasar sebagai berikut:

•    Perencanaan Kinerja Individual
Pada awal tahun, setiap karyawan diwajibkan menyusun Rencana Kinerja Individual (RKK) berdasarkan Key Performance Indicator (KPI) bagi unit kerja yang bersangkutan. Pada akhir tahun, RKK ini digunakan sebagai dasar bagi evaluasi kinerja.

•    Evaluasi Kinerja
Evaluasi Kinerja dilaksanakan dengan menilai aspek proses kerja dan hasil kerja. Sedangkan bagi karyawan yang memiliki bawahan, ditambah dengan aspek people management, yang mengevaluasi kemampuan karyawan dalam membina bawahannya.

•    Coaching and Counseling
Proses coaching dan counseling dilakukan secara berkala oleh atasan kepada bawahannya, sehingga dapat membantu karyawan meningkatkan kinerja, mengembangkan diri menurut rencana karir, mendeteksi secara dini potensi masalah, serta membina hubungan yang baik antara atasan dan bawahan. 

Dalam hal kesehatan dan kesejahteraan umum, karyawan Astragraphia mendapatkan hak atas tunjangan yang terkait dengan jabatan, indeks penempatan, hari raya keagamaan, makan, transportasi, pemeliharaan kesehatan, biaya rumah sakit, kacamata, bersalin, kedukaan, dan pernikahan.

 

Mekanisme Pengaduan Masalah Ketenagakerjaan 

Keluhan dan pengaduan dari karyawan diselesaikan secara adil dan secepat mungkin melalui atasan langsung dan/atau melalui Divisi Human Capital Management. Keluhan dan pengaduan dapat dilakukan secara lisan maupun secara tertulis dan pribadi melalui fasilitas yang tersedia di portal web internal Astragraphia.

 

Dampak Kuantitatif terhadap Lingkungan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (LK3)

Pelaksanaan kegiatan pengelolaan LK3 yang rutin dilakukan Astragraphia berdampak pada nol kecelakaan kerja pada tahun 2020. Selain itu, dengan menerapkan kebijakan dan program penghematan penggunaan plastik, listrik, dan air, Astragraphia mampu menurunkan pemakaian listrik, air, dan plastik di lingkungan perusahaan dengan angka yang cukup signifikan dibanding dengan tahun sebelumnya. [102-15, 103-3, 403-3] Berkomitmen untuk menjalankan operasional bisnis yang peduli lingkungan, Astragraphia menerapkan kebijakan dan serangkaian program untuk menghemat penggunaan listrik dan air di dalam gedung kantor, gudang (warehouse), dan kantor cabang. Selain itu di tahun 2020, perusahaan mematuhi peraturan pemerintah dan melakukan pengaturan jadwal kerja untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan kerja sehingga jumlah karyawan yang bekerja di kantor lebih terbatas. Kebijakan tersebut turut memberikan kontribusi dalam penghematan penggunaan listrik dan air dimana secara keseluruhan, Astragraphia mampu menurunkan intensitas pemakaian listrik hingga 18,85% dan penurunan penggunaan air sebesar 31,91% dibanding tahun sebelumnya.