Praktik Kerja Lapangan Inovatif Kolaborasi Astragraphia dengan SMK 2 Triple “J”

Kolaborasi antara Astragraphia dan SMK 2 Triple “J” Kompetensi Keahlian Multimedia, Citeureup-Bogor dalam Program SMK Link & Match memasuki fase Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada bulan September 2021, untuk siswa dan siswi kelas XII. Namun sehubungan dengan kondisi pandemi maka kedua belah pihak sepakat untuk menyiasati secara inovatif rangkaian PKL dengan melakukan pembekalan secara daring dan luring.   

Pembekalan materi luring sudah dimungkinkan di lingkungan sekolah berdasarkan keputusan pemerintah yang mengizinkan dimulainya kembali proses belajar mengajar tatap muka dengan presentase kehadiran 50%. Sedangkan dari tim Astragraphia memberikan pembekalan secara daring dengan durasi 2 jam pada setiap sesinya.  Astragraphia memberikan pelatihan PKL ini dengan 2 sesi Competence Aid Program (CAP) serta projek creative packaging kepada para siswa dan siswi kelas XII.

Pembekalan daring pertama atau Competence Aid Program (CAP), diselenggarakan pada tanggal 6 September 2021, dengan menghadirkan tiga orang narasumber dari Astragraphia. 

  • Aditomo Priyo Prakoso dan Indana Ulfah Sitompul - Business Application Designer PT Astra Graphia Tbk yang bergantian membawakan materi “Trend Desain dan Aplikasi Kreatif Digital Printing”, 
  • Dimas Julianto - Business Consultant Production PT Astra Graphia Tbk dengan materi tentang “Trend Market Packaging And Labeling”.

Melalui penyampaian materi dari Aditomo dan Indana, siswa peserta PKL semakin memahami bahwa kemasan produk juga perlu mengikuti tren, mulai dari bentuk, permainan warna maupun font yang digunakan dalam desain, hingga langkah-langkah membuat desain packaging. Siswa/siswi juga mengenal lebih jauh peran media sosial sebagai sarana pemasaran digital, melalui konten-konten yang menghibur, menginspirasi dan mendidik.

Dari narasumber Dimas Julianto, siswa mendapatkan insight mengenai produk-produk yang sedang diminati oleh konsumen, diantaranya adalah fesyen dan kuliner yang memang menjadi kebutuhan primer. Ketika semuanya sudah dituangkan ke dalam desain maka proses cetak juga tidak kalah pentingnya. Untuk itu narasumber juga sekaligus memperkenalkan mesin-mesin digital printing skala produksi yang dipasarkan oleh Astragraphia dengan kualitas cetak yang mumpuni, sehingga dapat mengakomodir kebutuhan cetak siswa baik itu berupa stiker, label maupun marketing tools lainnya.

Pada rangkaian PKL ini sebanyak 20 orang siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Multimedia - SMK 2 Triple “J” dibagi menjadi 4 kelompok. Setelah mendapatkan pembekalan dari narasumber, setiap kelompok diminta untuk membuat mock up produk dan mempresentasikannya pada CAP sesi kedua di tanggal 20 September 2021, dimana ketiga narasumber akan kembali hadir secara daring untuk menjadi juri dari hasil presentasi setiap kelompok. 

Dalam menunjang program PKL di SMK 2 Triple “J”, Astragraphia memfasilitasi seluruh peserta PKL, termasuk para guru pembimbing dengan voucher cetak gratis, sehingga dapat digunakan dalam pencetakan produk yang dibutuhkan sebagai syarat penilaian PKL. Astragraphia menggandeng mitra graphic art OKE Print yang memiliki beberapa tipe mesin produksi salah satunya Fuji Xerox Iridesse Production Press, yang mampu menghasilkan cetakan dengan warna special seperti gold dan metalik. 

Seluruh rangkaian aktivitas PKL di tahun 2021 ini selain untuk memenuhi persyaratan nilai di sekolah, diharapkan juga dapat memberikan pengalaman kerja praktik secara nyata dan menjadi bekal bagi siswa/siswi yang berkeinginan memulai usaha sedari muda.