Pendampingan Berkelanjutan Astragraphia untuk Posyandu Anyelir 04

Kontribusi sosial Astragraphia terhadap warga sekitar terus menerus dijalankan secara konsisten, salah satunya melalui pendampingan terhadap posyandu yang memiliki peran penting dalam pemantauan kesehatan dan pertumbuhan balita. Posyandu Anyelir 04 yang berlokasi dekat dengan kantor pusat Astragraphia di Kramat, Jakarta Pusat menjadi salah satu posyandu yang mendapat pendampingan dari Astragraphia. 

Di tahun kedua pendampingan ini, Astragraphia kembali memberikan bantuan sarana untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada warga khususnya balita, serta ibu hamil dan menyusui. Pada bulan Maret 2022, Astragraphia diwakili oleh Anastasia Resinta dan Junialarasati Perdana dari Corporate Communications menyerahkan sejumlah sarana berupa smartphone, meja, alat termometer, alat cek kesehatan telinga, serta alat tulis, kepada para kader Posyandu Anyelir 04. Turut hadir pada kesempatan tersebut adalah Ketua RW 04 serta perwakilan dari Kelurahan Kramat. Acara dilanjutkan dengan pembagian makanan tambahan kepada warga yang memiliki balita dengan cara mendatangi satu persatu dari rumah ke rumah.

Peningkatan pelayanan terhadap warga sudah mulai dilakukan sejak awal tahun 2022, dengan memberikan makanan tambahan berupa menu makanan kacang hijau yang diolah langsung oleh kader, sehingga kualitasnya lebih terjaga. Para kader juga akan secara teratur memberikan edukasi kesehatan kepada warga melalui group chat, sebagai alternatif cara yang lebih aman terutama dalam situasi pandemi Covid-19 sekarang. 

Sebagai informasi, pada tahun pertama pendampingan yaitu di tahun 2021, Astragraphia bersama kader dari Posyandu Anyelir 04 bersinergi dalam memberikan makanan tambahan bagi balita, serta menyerahkan sejumlah sarana kesehatan sebagai pengganti sarana yang sudah usang. Bersama PIC kesehatan dari Astra, tim Astragraphia juga memfasilitasi edukasi daring bagi para kader dengan tema yang sangat beragam, diantaranya mengenai Kanker Serviks, Kelas Ibu Hebat, dan Sekolah Balita Series, dan tidak lupa sosialisasi serta edukasi mengenai pemanfaatan aplikasi iPosyandu sebagai sarana pendataan balita dan ibu hamil yang terpusat.

Hal yang membanggakan adalah semangat belajar yang tinggi para kader dari Posyandu Anyelir 04, sehingga tiga orang diantaranya menghasilkan dua sertfikasi dari Astra, yaitu Sertifikat Uji Kompetensi Kader Avicenna Astra dan Sertifikat Kelas Ibu Hebat.

Generasi muda yang sehat adalah cikal bakal penerus bangsa yang berkualitas, dan Astragraphia turut berperan serta dalam mewujudkannya melalui 4 pilar CSR yaitu: Pilar Kesehatan, Lingkungan, Pendidikan dan Kewirausahaan, yang juga sejalan dengan poin pertama pada budaya perusahaan Astragraphia yaitu “Valuable to The Nation and Life”.