Pembekalan CAP Bagi Penerima Beasiswa Astragraphia 2021

Pelatihan Competence Aid Program (CAP) berkelanjutan Astragraphia kembali dilaksanakan pada tanggal 17 dan 23 Desember 2021. Kali ini program CAP dikhususkan untuk siswa sekolah menengah kejuruan penerima beasiswa Astragraphia tahun 2021. Seluruh peserta pelatihan merupakan siswa binaan dari Yayasan Amaliah Astra yang berlokasi di Jakarta. Durasi pelatihan berlangsung selama dua jam setiap sesinya, dan dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom. 

Fokus pelatihan CAP kali ini adalah memberikan pembekalan serta pengalaman awal kepada siswa, seputar bagaimana cara membuat curriculum vitae (CV) yang dapat menarik perhatian perekrut, serta tips menghadapi wawancara kerja. Konsep pelatihan dibuat lebih menantang dengan adanya role play interview, sehingga selain mendapatkan pembekalan materi, peserta pelatihan juga mendapat gambaran seperti apa situasi real pada saat wawancara kerja.

Rully Nurmalita - Human Capital Analyst PT Astra Graphia Tbk

Sesi pelatihan teori berlangsung pada tanggal 17 Desember 2021, dengan Rully Nurmalita selaku Human Capital Analyst PT Astra Graphia Tbk bertindak sebagai narasumber yang menyusun materi dan memberi pemaparan mengenai teori pembuatan CV hingga tips bagaimana sebaiknya berpenampilan pada saat menghadiri wawancara kerja. 

Beberapa poin penting yang juga menjadi masukkan bagi peserta pelatihan diantaranya apa saja yang perlu dan tidak perlu dicantumkan di dalam CV, foto seperti apa yang cocok ditampilkan, hingga aplikasi desain CV yang dapat dicoba oleh peserta pelatihan. Peserta kemudian diberikan waktu tiga hari untuk menyusun CV dan mengirimkannya kepada panitia,untuk kemudian dipilih tiga CV paling menarik yang berkesempatan mengikuti role play interview pada tanggal 23 Desember 2021.

Role play interview narasumber Rully Nurmalita dengan peserta pelatihan Muhammad Fadlan Mahendra

Dari seluruh 30 siswa peserta pelatihan CAP, terpilih tiga orang yang mendapat kesempatan untuk melakukan role play interview yaitu: Muhammad Ali Hussain Romadhon Surya, Lis Aryani, dan Muhammad Fadlan Mahendra. Pemilihan ini didasarkan atas tampilan CV yang menarik serta informasi tertera, yang sesuai dengan materi pembekalan pada sesi pertama pelatihan. 

Setiap peserta yang terpilih mendapatkan waktu 15 menit untuk mempresentasikan dirinya diawali dengan perkenalan, kemudian dilanjutkan dengan beberapa pertanyaan pengembangan dari narasumber. Apresiasi diberikan kepada ketiga peserta yang terpilih menjalankan role play pada pelatihan CAP, sebagai penyemangat agar mereka terus semangat dalam menuntut ilmu dan mengasah keahlian yang dimiliki.

Panitia & peserta pelatihan CAP 17 & 23 Desember 2021

Pelatihan Competence Aid Program (CAP) Astragraphia akan terus diselenggarakan secara berkelanjutan bagi siswa sekolah menengah kejuruan dan mahasiswa, sebagai bagian dari kontribusi sosial Pilar Pendidikan untuk mewujudkan salah satu budaya perusahaan Valuable to The Nation and Life, atau Bermanfaat bagi Bangsa dan Peri Kehidupan.