Kontribusi Berkelanjutan Astragraphia pada Peningkatan Kompetensi Siswa SMK 2 Triple “J”

Sejak ditandatanganinya kesepakatan SMK BISA Link & Match antara Astragraphia dengan SMK 2 Triple “J” tahun lalu, Astragraphia secara konsisten memberikan kontribusi dalam proses pembelajaran siswa Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK 2 Triple “J” Citeureup - Bogor. Sebagai industri pendamping sekolah, Astragraphia juga terlibat aktif pada rangkaian aktivitas kelulusan Kelas XII Multimedia, yang sudah berlangsung sejak tahun lalu.  

Astragraphia diwakili oleh Dion Rahadian - Graphic Designer dan Indana Ulfah Sitompul - Business Application Designer hadir secara langsung menjadi narasumber Uji Kompetensi, yang dilaksanakan pada tanggal 21 – 22 Maret 2022, di SMK 2 Triple “J”. Kedua narasumber Astragraphia bertugas untuk mengawasi sekaligus memberikan arahan kepada 19 siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Multimedia, selama proses pre press – press – pasca press pembuatan poster dan kemasan produk  berbahan kertas.  

Pada hari pertama di tanggal 21 Maret 2022, siswa mengerjakan soal ujian teori terlebih dahulu dilanjutkan dengan proses mendesain poster dan kemasan produk. Narasumber Astragraphia membantu memeriksa kerapian folder file siswa, termasuk kerapian layer, aset-aset desain, sambil sesekali memberi masukan kepada siswa peserta Uji Kompetensi. 

Hari kedua 22 Maret 2022, siswa kembali melanjutkan proses desain yang belum selesai di hari sebelumnya, kemudian dicetak dan di-finishing dengan metode manual. Tahapan selanjutnya adalah satu persatu siswa mempresentasikan poster dan kemasan produk makanan ataupun kriya yang sudah mereka buat, di hadapan kedua narasumber Astragraphia untuk mendapat penilaian.

Narasumber Astragraphia secara langsung memberikan memberikan masukan pada saat siswa presentasi seputar penempatan logo, pemilihan warna, bentuk kemasan, hingga perbedaan garis potong dan tekuk. Secara umum, rata-rata siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Multimedia SMK 2 Triple “J” dapat mengerjakan ujian dan mempresentasikan poster dan kemasan dengan baik dan lancar.

Rangkaian persyaratan kelulusan siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Multimedia SMK 2 Triple “J”:
•    Praktik Kerja Lapangan (PKL) : September 2021
•    Sidang PKL : 26 Februari 2022
•    Uji Kompetensi : 21 – 22 Maret 2022
•    UAS Praktik : Mei 2022
•    UAS Teori : Mei 2022

SMK 2 Triple “J” merupakan lembaga pendidikan swasta percontohan yang aktif dalam upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas lulusannya, salah satunya adalah dengan memasukkan Kompetensi Keahlian Multimedia ke dalam kurikulum pembelajaran mereka sejak tahun 2015. Saat ini SMK 2 Triple “J” sedang dalam proses pembangunan ruang praktik atau Teaching Factory serupa dengan print room, untuk digunakan siswa/siswi Kompetensi Keahlian Multimedia sebagai tempat praktik mengenai digital printing mulai dari proses mendesain, mencetak dan pembuatan berbagai material cetak.

Melalui kegiatan ini Astragraphia turut mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan tujuan pembangunan sosial di bidang pendidikan, Sustainable Development Goals (SDGs) poin 4 mengenai Quality Education. Program Pendidikan SMK BISA Link & Match ini juga perwujudan dari budaya perusahaan untuk menjadi perusahaan yang semakin Bermanfaat bagi Bangsa dan Peri Kehidupan (Valuable to the Nation and Life).