Kolaborasi Kelas ASIK dengan inaCourse Jangkau Pelaku UMK & Entrepreneur Pemula se-Indonesia

Komitmen Astragraphia dalam memajukan UMK di Indonesia terus berlangsung dengan diadakannya Kelas ASIK berkolaborasi dengan inaCourse dalam workshop bertema “Teknik Pengemasan Kreatif untuk Produk Bisnismu”.

Kelas ASIK kali ini berlangsung pada 17 September 2021 pukul 14.00 hingga selesai, dan diikuti oleh pelaku UMK dan entrepreneur pemula di seluruh Indonesia pada sub sektor fesyen, kriya, dan kuliner.

Aditomo Priyo Prakoso dan Indana Ulfah Sitompul selaku Business Application Designer PT Astra Graphia Tbk bertindak sebagai pemateri yang memberi pemaparan dari sudut pandang digital printing, sejalan dengan alur bisnis yang dijalankan oleh Astragraphia. 

Beberapa poin yang disampaikan oleh Aditomo dan Indana diantaranya bahwa dalam menjual produk, kemasan yang menarik mutlak dibutuhkan. Kemasan sendiri dapat berupa packaging maupun stiker atau label atau biasa dikenal dengan second layer packaging. Seluruh peserta Kelas ASIK didorong untuk menuangkan kreatifitas mereka ke dalam bentuk ide desain kemasan dengan permainan warna hingga penggunaan font yang dapat menarik minat calon konsumen.  Dalam hal bentuk kemasan, pelaku UMK dan entrepreneur pemula juga dapat bereksperimen menggunakan bahan-bahan seperti kertas atau plastik hingga kaca sebagai kemasan produk. 

Selain dua pemateri dari Astragraphia, pada Kelas ASIK kali ini turut hadir Karlina Devita Sari - Strategic Partnership PrintQoe yang memperkenalkan PrintQoe.com sebagai unit bisnis dari entitas anak PT Astragraphia Xprins Indonesia. Melalui PrintQoe.com peserta Kelas ASIK baik pelaku UMK dan entrepreneur pemula dapat memanfaatkan jasa desain serta mencetak marketing tools seperti stiker atau label hingga kemasan dengan kuantitas kecil. 

Workshop berjalan interaktif dengan dihadiri oleh 72 peserta UMKM dari seluruh wilayah Indonesia. Sebagai bentuk apresiasi, Astragraphia menyediakan hadiah bagi penanya terbaik dan peserta yang berhasil menjawab pertanyaan kuis dengan cepat dan tepat. Peserta Kelas ASIK juga mendapatkan fasilitas kartu nama gratis dari Printqoe.com dengan memasukkan kode voucher pada saat check out.