Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif (Kelas ASIK) Raih TOP CSV Award 2021
 

Pada tanggal 14 Oktober 2021 Astragraphia menerima penghargaan TOP CSV Award 2021 untuk program Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif (Kelas ASIK), yang diselenggarakan oleh TRAS N CO Indonesia bersama dengan media INFOBRAND.ID dan Departemen Manajemen Universitas Airlangga.

Pemberian penghargaan dilaksanakan secara daring dan Astragraphia diwakili oleh Fitri Yuliani selaku Corporate Communications Dept. Head PT Astra Graphia Tbk mengungkapkan “Program Kelas ASIK dirancang untuk memberikan pendampingan di area creative packaging dan membantu pelaku UMK agar dapat meningkatkan daya saing, naik kelas, dan memberikan shared value, baik bagi perusahaan dan untuk penerima benefit.” Fitri menambahkan bahwa penghargaan ini semakin menambah semangat Astragraphia untuk memberikan kontribusi lebih kepada UMK yang ada di seluruh Indonesia.

Dari rangkaian proses penjurian daring Tahap III yang berlangsung tanggal 5 Oktober 2021, tim Corporate Communications PT Astra Graphia Tbk mendapat kesempatan untuk mempresentasikan tentang Kelas ASIK, kepada tiga orang dewan juri serta panitia yang hadir.

Proses penjurian melalui sesi presentasi dan tanya jawab berlangsung secara intense. Dewan juri mengulik lebih dalam apakah program Kelas ASIK benar-benar memberikan nilai (Create Shared Value) baik bagi perusahaan maupun penerima benefit dalam hal ini adalah para UKM binaan Astragraphia. 

Ketiga dewan juri yang terlibat dalam TOP CSV Award 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Drs. Mas Achmad Daniri, MEc, Dewan Pakar Komite Nasional Kebijakan Governance, Pakar Good Corporate Governance (GCG) dan Penulis Buku ‘'Lead By CSV”. 
  2. Dr. Gancar C. Premananto, CDM., Head of Management Department, FEB, Universitas Airlangga. Sekaligus Senior Consultant & Mentor CSV.
  3. Tri Raharjo, S.E., M.M, CEO TRAS N CO Indonesia, Founder Komunitas Indonesia Brand Network (IBN) 

Adapun penilaian dari dewan juri mengacu kepada tiga aspek penilaian yaitu sebagai berikut; 
1.     CSV Concept Aspect (Bobot 30%) 
-    Apakah konsep CSV yang diterapkan oleh perusahaan selaras dengan strategi bisnis, 
-    Apakah program CSV memiliki keunggulan kompetitif dengan memasukan masalah sosial 
-    Apakah program CSV memiliki nilai inovasi atau kebaruan. 

2.    CSV Impact Aspect (Bobot 50%) 
Internal Perusahaan
-    Apakah kegiatan CSV memiliki dampak positif yang untuk internal perusahaan, 
-    Apakah kegiatan CSV memiliki kesinambungan terhadap keberlangsungan bisnis,
-    Apakah kegiatan CSV bersifat menguntungkan dan memiliki dampak efisiensi bagi perusahaan.

Eksternal Perusahaan 
-    Apakah kegiatan CSV memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat sesuai SDGs, 
-    Apakah kegiatan CSV memberikan peluang untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, 
-    Apakah kegiatan CSV memberikan dampak edukatif dan kegiatan CSV yang diterapkan memiliki manfaat ekonomi.

3.    CSV Branding Aspect (Bobot 20%)
-    Apakah kegiatan CSV memiliki nilai branding bagi perusahaan, 
-    Apa nilai branding terhadap produk/jasa, 
-    Apakah mampu meningkatkan brand image perusahaan 
-    Apakah kegiatan CSV yang dilakukan memiliki diferensiasi dengan kegiatan lainnya. 

Sejak awal pelaksanaan di tahun 2020 hingga 2021, Kelas ASIK berhasil menyelenggarakan 8 (delapan) kali pelatihan bagi 529 UMK di Jakarta, Yogyakarta, Bali, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Purbalingga dan Nusa Tenggara Timur, khususnya pada sub sektor fesyen, kuliner dan kriya. 

Pelatihan yang diberikan melalui Kelas ASIK merupakan bantuan pemberdayaan dan promosi bagi UMK di bidang Creative Packaging, IT, dan Digital Marketing, sehingga UMK Indonesia bisa semakin bersaing dan naik kelas. Melalui pelatihan Kelas ASIK, wawasan pelaku UMK mengenai kemasan kreatif menjadi lebih terbuka, sehingga berdampak pada meningkatnya penjualan.

Selama sesi penjurian berlangsung, dewan juri mendapatkan gambaran menyeluruh tentang program Kelas ASIK yang merupakan kontribusi sosial Astragraphia pada pilar Kewirausahaan, sejalan dengan fokus bisnis perusahaan di bidang printing and digital services, serta dalam rangka mewujudkan budaya Valuable to The Nation and Life (Bermanfaat bagi Bangsa dan Peri Kehidupan).

Ekosistem share value Kelas ASIK sejalan dengan indikator Sustainable Development Goals (SDGs) 8 tentang Decent Work and Economic Growth yang mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, lapangan kerja yang luas dan produktif serta pekerjaan yang layak untuk semua orang.