Competence Aid Program (CAP) “Be Confidence and Get Your Success” bagi Siswa SMK penerima beasiswa dari Astragraphia

18 Juni 2021 – Dengan semangat Valuable to the Nation and Life, Astragraphia mengadakan kelas pelatihan Competence Aid Program (CAP) yang kedua kalinya, untuk siswa SMK penerima beasiswa dari Astragraphia, yang merupakan binaan dari Yayasan Amaliah Astra, yaitu siswa dari SMK Tanjung Barat, SMK Gunung Jati, SMK Kencana 1, dan SMK 26 Jakarta.  Sebanyak 27 siswa berprestasi diberikan bekal kepercayaan diri dan motivasi untuk mempersiapkan mereka pada saat jenjang universitas ataupun saat bekerja. 

Pelatihan bertema “Be Confident and Get Your Success” dibuka oleh sambutan dari Ibu Aprinah, perwakilan Yayasan Amaliah Astra. Dalam sambutannya Aprinah menyampaikan bahwa CAP ini adalah kesempatan yang baik untuk belajar dan diharapkan untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya. Pada kesempatan ini pihak Yayasan Amaliah Astra juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kelanjutan dari program beasiswa dari Astragraphia yang memasuki tahun kedua.

Aprinah – Perwakilan dari Yayasan Amaliah Astra sedang memberi sambutan

Pelatihan CAP dari Astragraphia ini dilangsungkan secara daring dengan menghadirkan dua orang narasumber, yaitu Fitri Yuliani - Head of Corporate Communication PT Astra Graphia Tbk yang membawakan materi mengenai ‘Improve Speaking & Presentation Skill’. Dalam presentasinya, Ibu Fitri Yuliani memberikan pengetahuannya dalam bidang komunikasi terutama dalam meningkatkan cara berbicara di depan khalayak. Ada 3 hal utama yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan cara kita berbicara, yaitu: Speaker, Audience dan Tools. Pada bagian akhir salah satu alat (tools) yang sering kita gunakan adalah presentasi dalam bentuk power point, para siswa siswi diberikan tips alternatif desain agar presentasi peserta jauh lebih menarik dan atraktif dibandingkan sebelumnya.

Siti Azahra Anjani - penerima beasiswa sedang memberikan pertanyaan pada sesi Improve Speaking and Presentation Skill

Pada Sesi kedua, para siswa ini berkesempatan mendapatkan sesi motivator dari Dedi Dwitagama sebagai motivator yang memberi pemaparan agar dapat membangkitkan rasa percaya diri sebagai modal meraih sukses. Perlunya proses yang panjang dan terkadang menyakitkan dalam seseorang menjadi pribadi yang sukses. Pak Dedi mengibaratkan proses pengembangan diri bagaikan saat pencarian emas hingga menjadi emas yang cantik dan bernilai tinggi. 

Selama total 90 menit durasi pelatihan, antusiasme positif ditunjukkan oleh siswa peserta CAP, melalui banyaknya pertanyaan yang dilontarkan baik secara langsung maupun tertulis pada kolom chat. Dari pertanyaan yang dilontarkan terlihat bahwa wawasan mengenai public speaking dan membuat presentasi yang menarik sejalan dengan kebutuhan siswa dan siswi baik dalam aktivitas belajar maupun menjadi bekal para peserta di kemudian hari.

Siswa/siswi penerima beasiswa dalam pelatihan Competence Aid Program (CAP)

Pendidikan dan Motivasi bagi para generasi muda ini sangat diperlukan agar mereka bisa menjadi pribadi yang berprestasi dan memiliki kepercayaan diri. Tema yang dipilih pada pelatihan CAP  kedua ini merupakan hasil dari evaluasi pada CAP pertama yang menunjukkan bahwa seluruh peserta memang membutuhkan materi-materi yang sifatnya mengasah soft skill baik yang bermanfaat dalam dunia kerja. Pelatihan CAP kali ini merupakan kelanjutan dari CAP pertama yang sudah berlangsung pada akhir tahun lalu, dan menjadi aktivitas rutin selama berlangsungnya program beasiswa antara Astragraphia dengan Yayasan Amaliah Astra. Program Beasiswa dari Astragraphia kepada siswa siswi berprestasi ini berlangsung selama 3 tahun ajaran dan dimulai sejak Juli 2020 – Juni 2022.

 

Tentang Competence Aid Program (CAP)

CAP sejatinya adalah program pelatihan kompetensi bagi pelajar sekolah menengah kejuruan serta mahasiswa perguruan tinggi, sekaligus aktivitas berbagi ilmu dari karyawan Astragraphia dengan kompetensi di bidang solusi dokumen dan teknologi informasi. Pelatihan CAP merupakan bagian dari kontribusi sosial Astragraphia pada pilar pendidikan, sebagai upaya mendukung pemerintah dalam bidang pendidikan di Indonesia, yang selaras dengan budaya perusahaan untuk menjadi perusahaan yang semakin Bermanfaat bagi Bangsa dan Peri Kehidupan (Valuable to the Nation and Life).