CAP Astragraphia Dukung Tujuan Pembangunan Sosial Tentang Pendidikan Berkualitas  

Astragraphia sebagai industri pendamping dari SMK 2 Triple “J” Kompetensi Keahlian Multimedia kembali menyelenggarakan pelatihan Competence Aid Program (CAP) pada tanggal 25 Maret 2022, yang diikuti oleh 10 siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual, dan 24 siswa Kelas XI Multimedia.

Indana Ulfah Sitompul, Business Application Designer PT Astra Graphia Tbk sedang memberikan materi pelatihan

Sesi pelatihan berlangsung secara daring selama dua jam, dengan dua buah materi yang dibawakan langsung oleh narasumber dari Astragraphia. Aditomo Priyo Prakoso, Business Application Designer PT Astra Graphia Tbk menjelaskan mengenai “Tren Desain dan Aplikasi Kreatif Digital Printing”, dan dilanjutkan dengan Indana Ulfah Sitompul, Business Application Designer PT Astra Graphia Tbk, yang memberikan pemaparan mengenai “Brand & Logo”.

Sebagai penyemangat, Astragraphia mengadakan kuis berhadiah bagi siswa yang dapat menjawab pertanyan narasumber dengan cepat dan tepat. Terlihat antusiasme yang besar dari siswa peserta CAP, baik dalam merespon pertanyaan kuis, maupun lontaran pertanyaan-pertanyaan dari materi yang dibawakan oleh narasumber. 

Siswa peserta CAP Kelas XI – Kelompok 3 sedang mempresentasikan tugas

Agar materi yang diberikan pada saat pelatihan benar-benar meresap di benak siswa, kedua narasumber Astragraphia memberikan tugas lanjutan untuk dikerjakan secara berkelompok. Siswa ditantang untuk membuat label serta logo produk dengan desain sendiri, lengkap dengan konsep, filosofi, hingga target market yang ingin disasar, dan disajikan ke dalam bentuk slide presentasi. 


Total 34 siswa peserta CAP dibagi menjadi 7 kelompok dan diberikan tenggang waktu selama 12 hari untuk mengerjakan tugas. Selama kurun waktu pengerjaan, guru pendamping mengawasi siswa dalam proses pengerjaan tahap demi tahap.

Siswa peserta CAP Kelas XI – Kelompok 1 sedang mempresentasikan tugas

Pada CAP tanggal 7 April 2022 setiap kelompok mempresentasikan konsep yang sudah mereka susun di hadapan kedua narasumber Astragraphia, dan guru sekaligus Kepala Program Multimedia SMK 2 Triple “J”, Muhamad Heryansyah, S.T. Selain mengasah kemampuan siswa dalam merancang identitas produk, pelatihan CAP dengan konsep pemberian tugas seperti ini juga bertujuan melatih kemampuan siswa untuk menuangkan ide-ide dalam benak mereka menjadi bentuk presentasi yang menarik. Mental siswa juga dilatih untuk berani bicara di hadapan orang banyak. Harapan kami seluruh peserta CAP dapat menjadi generasi muda yang aktif, kompetitif, dan berdaya saing.

Pelatihan CAP ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial Astragraphia pada pilar pendidikan , dan perwujudan budaya perusahaan untuk menjadi perusahaan yang semakin Bermanfaat bagi Bangsa dan Peri Kehidupan (Valuable to the Nation and Life). Astragraphia senantiasa mendukung tujuan pembangunan sosial Sustainable Development Goals (SDGs) poin 4 mengenai Quality Education.