Astragraphia Hadirkan Inovasi Digital untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan

King Iriawan Sutanto - Direktur PT Astra Graphia Tbk

Jakarta, 6 September 2021 - PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) melalui bisnis inti Solusi Dokumen memperkenalkan tiga solusi digital bernama iCare, iSense, dan Online Support Assistance (OSA) untuk seluruh pelanggan Astragraphia di Indonesia. Ketiga solusi ini menjadi bukti komitmen Astragraphia untuk terus beradaptasi dan berinovasi melalui penerapan teknologi di masa pandemi Covid-19, demi menjaga dan meningkatkan kualitas layanan perusahaan terhadap pelanggan.

 

King Iriawan Sutanto – Direktur PT Astra Graphia Tbk mengatakan, “iCare, iSense, dan OSA adalah inovasi yang Astragraphia hadirkan di masa pandemi Covid-19 untuk memberikan nilai tambah terhadap kualitas layanan perusahaan untuk pelanggan serta mendukung langkah efisiensi perusahaan. Ketiga inovasi ini Astragraphia proyeksikan sebagai solusi digital untuk mempercepat penyampaian permintaan layanan dan eskalasi penyelesaian masalah, mempermudah proses administrasi dan pengecekan status mesin, serta mempermudah pelanggan untuk mendapatkan info atau panduan lengkap seputar produk yang dibutuhkan oleh seluruh pelanggan Astragraphia. Hadirnya iCare, iSense, dan OSA menjadi strategi perusahaan untuk menjaga kepercayaan pelanggan melalui pemanfaatan automation technology seperti otomatisasi proses robotik dengan solusi database yang lengkap dan terintegrasi.”

 

iCare, iSense, dan OSA diproyeksikan sebagai layanan yang dapat diakses dengan cepat oleh pelanggan kapan pun dan di mana pun dengan fungsi yang berbeda-beda. iCare merupakan aplikasi mobile untuk pelanggan menyampaikan permintaan layanan dengan lebih cepat. iSense merupakan aplikasi disajikan dengan dashboard yang membantu mencatat status mesin, bahan pakai, dan meter mesin (penggunaan klik/cetak) secara otomatis. Sedangkan OSA memampukan pelanggan untuk mendapatkan informasi dan panduan seputar produk secara lengkap melalui situs web yang dapat diakses secara mandiri 24 jam setiap hari.

Soebandi - Chief of Customer Service & Support PT Astra Graphia Tbk mengatakan, “Pelanggan merespon positif inovasi layanan yang Astragraphia hadirkan. Sejak diluncurkan, Astragraphia sudah memproses lebih dari 2.000 permintaan layanan per bulan terkait perbaikan mesin maupun permintaan bahan pakai melalui aplikasi iCare. Per Agustus 2021, iSense juga sudah diaplikasikan di mesin-mesin pelanggan di 32 cabang Astragraphia di Indonesia. Sedangkan OSA sudah diakses oleh seluruh pelanggan di Indonesia dengan rata-rata 8.000 sesi per bulan. Astragraphia menyadari bahwa kemudahan akses layanan untuk pelanggan dan kecepatan respon atas permintaan layanan menjadi faktor penting untuk meningkatkan kualitas layanan Astragraphia. Selama masa pandemi Covid-19 di mana interaksi fisik dibatasi, solusi digital iCare, iSense, dan OSA mampu meminimalisir interaksi fisik namun mempercepat proses administrasi pemberian layanan kepada pelanggan. Contohnya iCare yang mampu memotong proses tunggu pelanggan hingga 81,25% dalam menyampaikan permintaan layanan dibandingkan jika melakukan panggilan telepon ke Call Center Halo Astragraphia.”

 

Pembuatan iCare dan pengembangan iSense telah dilakukan sejak akhir tahun 2020. Pembaruan iSense dan OSA lebih dulu beroperasi pada tengah tahun 2020, sedangkan iCare mulai beroperasi pada bulan Februari 2021. iCare telah terdaftar pada Penyelenggara Sistem Elektronik Kementerian Komunikasi dan Informatika nomor 000219.01/DJAI.PSE/02/2021 dan telah mendapat penghargaan sebagai Innovative Digital Service Solution dalam acara IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2021.

Tentang PT Astra Graphia Tbk:


PT Astra Graphia Tbk (ASGR) (“Astragraphia”) adalah perusahaan publik yang didirikan pada tahun 1975 dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1989. Sebagai pilar bisnis Astra di bidang teknologi informasi, Astragraphia fokus pada ruang lingkup bisnis Printing and Digital Services. Astragraphia memiliki Portofolio bisnis Document Solution dengan mitra eksklusif FUJIFILM Business Innovation (yang sebelumnya dikenal Fuji Xerox).
Portofolio bisnis Document Solution memiliki tiga pilar portofolio utama. Pertama, Enterprise Document Solution (EDS) & Small Medium Business Document Solution (SDS) yang fokus memasarkan perangkat multifungsi digital monokrom dan berwarna untuk perkantoran kecil, menengah atau skala enterprise. Portofolio ini menawarkan solusi terintegrasi untuk mendukung simplifikasi proses bisnis dan transformasi digital dokumen. Kedua, Graphic Communication Services (GCS) dan Digital Press & Finishing Solution untuk pencetakan dokumen dengan skala produksi atau graphic art. Portofolio ini menawarkan rangkaian produk dan solusi yang lengkap bagi kebutuhan pencetakan skala produksi secara menyeluruh, mulai dari pra-cetak (pre-press), proses cetak (press), dan setelah cetak (post-press) serta kebutuhan finishing solution. Segmen ini memiliki beberapa teknologi pendukung baik teknologi laser, inkjet, maupun digital offset. Ketiga, Enterprise Document Solution and Services (EDS Services) yang memberikan solusi menyeluruh pengolahan dokumen end to end pelanggan dengan mengintegrasikan semua portofolio bisnis dokumen Astragraphia.
Astragraphia memiliki dua entitas anak yaitu PT Astra Graphia Information Technology (AGIT) yang menjalankan unit usaha Solusi Teknologi Informasi dan PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) yang menjalankan unit usaha solusi perkantoran. Informasi lebih lanjut, kunjungi www.Astragraphia.co.id.

 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Melinda Pudjo
Chief of Corporate Secretary, Legal & Corporate Communications
PT Astra Graphia Tbk
Jl. Kramat Raya No. 43
Telp: (021) 390 9190 ext 1280
Email: melinda.pudjo@astragraphia.co.id