Astragraphia Gerakkan Inovasi, Efisiensi, dan Vaksinasi di Semester I 2021

Ikhtisar

  • Pendapatan bersih konsolidasian semester I tahun 2021 sebesar Rp1.257 miliar
  • Astragraphia lahirkan inovasi digital untuk dorong efisiensi proses internal dan tingkatkan kualitas layanan pelanggan
  • Astragraphia berpartisipasi pada program Vaksinasi Gotong Royong

Jakarta, 7 September 2021 – PT Astra Graphia Tbk (ASGR) (“Astragraphia”) mencatat peningkatan pendapatan bersih sebesar 4% di kuartal II 2021 dibandingkan kuartal I 2021, sehingga total pendapatan bersih konsolidasian di semester I tahun 2021 sebesar Rp1.257 miliar. Dibandingkan dengan pencapaian paruh pertama di tahun 2020, pendapatan bersih dari unit usaha Solusi Teknologi Informasi meningkat karena langkah penguatan penetrasi pasar dan percepatan realisasi peluang bisnis di area IT Services, sedangkan pendapatan bersih dari unit usaha Solusi Dokumen dan Solusi Perkantoran menurun.

Kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat menyebabkan rendahnya tingkat aktivitas bekerja di lingkungan perkantoran, sehingga berdampak pada penurunan volume cetak di wilayah perkantoran yang menjadi sumber pendapatan berulang (annuity) dari unit usaha Solusi Dokumen. Kendati demikian, secara perlahan aktivitas pencetakan di sektor Graphic Art terlihat mengalami pemulihan dibandingkan periode semester pertama tahun lalu.

Kontrak sebagai penyedia Katalog Elektronik Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) telah ditandatangani oleh entitas anak PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) pada tanggal 14 Juni 2021 dan berlaku selama 4 tahun ke depan. Hal ini diharapkan dapat menunjang perbaikan kinerja Solusi Perkantoran di semester II tahun 2021, meskipun dihadapkan pada kondisi persaingan yang semakin ketat.

 

Hendrix Pramana – Presiden Direktur PT Astra Graphia Tbk mengatakan, “Astragraphia mendukung kebijakan Pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19, meskipun aktivitas bisnis perusahaan cukup terdampak. Dalam masa pembatasan kegiatan masyarakat yang sangat berpengaruh pada kegiatan operasional, Astragraphia secara aktif menciptakan inovasi dan melakukan digitalisasi guna mendukung efisiensi proses internal dan untuk memberikan kualitas layanan terbaik kepada pelanggan dalam kondisi apapun.”

Sejak akhir tahun 2020, Astragraphia membangun inovasi digital berupa aplikasi mobile bernama iCare yang telah resmi beroperasi pada bulan Februari 2021. Aplikasi iCare dapat diakses melalui smartphone dan berfungsi untuk mempermudah penyampaian keluhan pelanggan serta permintaan layanan yang dibutuhkan seluruh pelanggan Astragraphia di Indonesia. iCare menjadi solusi digital baru dari Astragraphia yang membawa dampak positif untuk pelanggan maupun internal. Hadirnya inovasi digital iCare juga mendapat apresiasi dan penghargaan sebagai Innovative Digital Service Solution dalam acara IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2021.

Hendrix Pramana menambahkan, “iCare adalah inovasi perusahaan yang lahir pada masa pandemi Covid-19. iCare melengkapi fasilitas layanan pelanggan yang sudah ada dengan percepatan pada proses tunggu pelanggan dalam penyampaian permintaan layanan. iCare juga membantu pelanggan dalam memonitor status permintaan layanannya secara real time.

Bagi Astragraphia, iCare memungkinkan tim customer service untuk merespon pelanggan secara cepat tanpa terbatas lokasi. Selain itu melalui iCare, Perusahaan mampu mendigitalisasi proses pencatatan meter mesin (penggunaan klik/cetak) di pelanggan dan mengurangi kunjungan fisik. Melalui proses yang lebih mudah dan cepat, ke depan iCare diharapkan akan mampu menurunkan masa downtime mesin di pelanggan sehingga berpotensi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan pendapatan berulang bagi Perusahaan.”

Astragraphia berkomitmen untuk memberikan kualitas pelayanan pelanggan yang terbaik dalam segala kondisi, dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan karyawan. Secara aktif, Astragraphia senantiasa mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja dan mengajak karyawan beserta keluarga untuk mengikuti program vaksin Covid-19 baik melalui Vaksinasi Program Pemerintah maupun Vaksinasi Gotong Royong. Sejak bulan Mei 2021, Astragraphia telah melakukan pemetaan karyawan beserta keluarga inti untuk mengikuti program Vaksinasi Gotong Royong. Astragraphia menjadwalkan keikutsertaan karyawan di 24 kota di Indonesia secara bertahap pada kuartal III 2021. Semoga karyawan Astragraphia dan keluarga yang telah divaksin dapat terlindungi dari Covid-19 serta membantu pemerintah dalam mempercepat terwujudnya herd immunity untuk mendorong pemulihan perekonomian nasional.

Menghadapi kondisi perekonomian yang masih dibayangi oleh ketidakpastian, Astragraphia melakukan adaptasi, mitigasi, dan mengedepankan operational excellence dalam setiap proses di seluruh lini bisnis. Sampai dengan 30 Juni 2021, Astragraphia telah melakukan perbaikan di beberapa pos pengeluaran dan mampu mengefisienkan biaya operasional sebesar 4%.

Astragraphia berkomitmen untuk terus berinovasi dan berkontribusi pada tanggung jawab sosial dan lingkungan. Selama semester pertama tahun 2021, Astragraphia dan entitas anak meraih beberapa penghargaan, tiga diantaranya merupakan penghargaan dalam bidang tanggung jawab sosial Perusahaan/CSR.

 

PT Astra Graphia Tbk

  • Top CSR Awards 2021 dari media Top Business
  • Top Leader on CSR Commitment 2021 dari media Top Business
  • GATRA Innovation Awards 2021 kategori Terobosan Korporasi dan Yayasan dari GATRA Media Group
  • Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2021 kategori khusus Innovative Digital Service Solution dari media IDX Channel

PT Astra Graphia Information Technology

  • TOP Growth Business Partner kategori Business Partner dari IBM Indonesia
  • TOP Global Technology Services - Infrastructure Services kategori Business Partner dari IBM Indonesia

PT Astragraphia Xprins Indonesia 

  • Best Contribution Award kategori System Integrator dari Samsung Indonesia

 

---

Tentang PT Astra Graphia Tbk:


PT Astra Graphia Tbk (ASGR) (“Astragraphia”) adalah perusahaan publik yang didirikan pada tahun 1975 dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1989. Sebagai pilar bisnis Astra di bidang teknologi informasi, Astragraphia fokus pada ruang lingkup bisnis Printing and Digital Services. Astragraphia memiliki Portofolio bisnis Document Solution dengan mitra eksklusif FUJIFILM Business Innovation (yang sebelumnya dikenal Fuji Xerox).
Portofolio bisnis Document Solution memiliki tiga pilar portofolio utama. Pertama, Enterprise Document Solution (EDS) & Small Medium Business Document Solution (SDS) yang fokus memasarkan perangkat multifungsi digital monokrom dan berwarna untuk perkantoran kecil, menengah atau skala enterprise. Portofolio ini menawarkan solusi terintegrasi untuk mendukung simplifikasi proses bisnis dan transformasi digital dokumen. Kedua, Graphic Communication Services (GCS) dan Digital Press & Finishing Solution untuk pencetakan dokumen dengan skala produksi atau graphic art. Portofolio ini menawarkan rangkaian produk dan solusi yang lengkap bagi kebutuhan pencetakan skala produksi secara menyeluruh, mulai dari pra-cetak (pre-press), proses cetak (press), dan setelah cetak (post-press) serta kebutuhan finishing solution. Segmen ini memiliki beberapa teknologi pendukung baik teknologi laser, inkjet, maupun digital offset. Ketiga, Enterprise Document Solution and Services (EDS Services) yang memberikan solusi menyeluruh pengolahan dokumen end to end pelanggan dengan mengintegrasikan semua portofolio bisnis dokumen Astragraphia.
Astragraphia memiliki dua entitas anak yaitu PT Astra Graphia Information Technology (AGIT) yang menjalankan unit usaha Solusi Teknologi Informasi dan PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) yang menjalankan unit usaha solusi perkantoran. Informasi lebih lanjut, kunjungi www.Astragraphia.co.id.

 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Melinda Pudjo
Chief of Corporate Secretary, Legal & Corporate Communications
PT Astra Graphia Tbk
Jl. Kramat Raya No. 43
Telp: (021) 390 9190 ext 1280
Email: melinda.pudjo@astragraphia.co.id