Astragraphia Gelar Inspiring Talk: Safety, Defensive, and Eco Driving

Pada Jumat, 2 Juli 2021 Astragraphia mengadakan webinar Inspiring Talk: Safety, Defensive, and Eco Driving berkolaborasi dengan tim Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) dari Astra. Webinar ini ditujukan bagi kalangan internal Astragraphia dengan tujuan untuk memperkenalkan sekaligus memberi edukasi kepada seluruh Insan Astragraphia, mengenai pentingnya memahami aturan lalu lintas serta kemampuan mengontrol diri saat berada di belakang kemudi sehingga dapat meminimalisir risiko kecelakaan. Hal ini penting karena fakta menyebutkan bahwa di Indonesia setiap jam-nya terdapat 5 orang korban jiwa yang diakibatkan oleh kecelakaan lalu lintas.

Inspiring Talk kali ini dipandu oleh Laventia Yotana dari Corporate Communications PT Astra Graphia Tbk, dan dibuka dengan kata sambutan dari Melinda Pudjo selaku Chief of Corporate Secretary, Legal, and Corporate Communications PT Astra Graphia Tbk. Dalam sambutannya Melinda menyampaikan bahwa Inspiring Talk ini adalah bagian dari CSR Astragraphia yang secara serentak dijalankan oleh grup Astra dalam mewujudkan komitmen bersama gerakan Indonesia Ayo Aman Berlalu. Gerakan ini berfokus kepada panduan keselamatan berlalu lintas bagi karyawan, pelanggan, masyarakat, dan pelajar. Dan  bahwa Astragraphia menerjemahkannya ke dalam bentuk awareness dan edukasi mengenai cara berkendara yang aman. Melinda juga mengajak seluruh peserta Inspiring Talk untuk bergabung menjadi Pelopor IAABL dalam rangka bersama-sama mewujudkan Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas. 

Acara dilanjutkan dengan pengenalan lebih jauh mengenai apa itu gerakan Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL), yang dibawakan oleh Bima Krida Pamungkas – Program Manager Environment and Social Responsibility PT Astra International Tbk. Dalam pemaparannya Bima menjelaskan antara lain mengenai: tri siap aman berlalu lintas, faktor kecelakaan lalu lintas, sebaran pelopor IAABL, hingga berbagai aktivasi yang dilakukan oleh pelopor IAABL untuk mengedukasi masyarakat.
Materi kedua dibawakan oleh Suharto, Isuzu Sales Operation – PT Astra International Tbk, yang berpengalaman memberikan pelatihan mengenai safety driving selama 15 tahun. Tidak heran bila kemudian Suharto mendapatkan gelar sebagai master trainer IAABL. Dari presentasi yang dibawakan, peserta mendapat edukasi antara lain mengenai kemampuan dasar mengemudi, kemampuan mengidentifikasi potensi kecelakaan, hingga journey management.

Pelopor IAABL


Selama webinar berlangsung, narasumber dan panitia tidak henti-henti mengajak seluruh peserta yang hadir untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas, melalui penyebarluasan edukasi mengenai berkendara yang aman, sehingga dapat menurunkan tingkat kecelakaan. Peserta yang mendaftarkan dirinya sebagai pelopor IAABL pada link bit.ly/regispeloporiaabl berkesempatan mengikuti berbagai kompetisi (challenge) berhadiah serta mendapatkan berbagai benefit.