, 18 October 2013
Astragraphia Peringkat Tiga Kategori Private Non Keuangan Listed Dalam Annual Report Award 2012

JAKARTA - PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) meraih Peringkat Tiga Kategori Private Non Keuangan Listed pada Penganugerahan Annual Report Award (ARA) 2012 yang diselenggarakan pada tanggal 17 Oktober 2013 di Ballroom 1, Hotel Ritz Carlton, Jakarta.  Penghargaan ini merupakan yang ketiga kalinya diterima oleh Astragraphia setelah ARA 2002 dan ARA 2006 untuk kategori Private Non Keuangan Listed. Penghargaan ini diterima langsung oleh Calvin Lim mewakili Direksi Astragraphia.

ARA merupakan pemberian penghargaan atas kualitas keterbukaan informasi dan penerapan Good Corporate Governance (GCG) dalam laporan tahunan perusahaan dengan mengacu pada ketentuan dan pedoman yang berlaku secara nasional maupun internasional. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama 7 (tujuh) instansi yaitu Otoritas Jasa Keuangan, Kementerian BUMN, Bank Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak, Komite Nasional Kebijakan Governance, PT Bursa Efek Indonesia dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Adapun kriteria yang dinilai oleh Dewan Juri meliputi 8 kriteria penilaian, khususnya menyangkut aspek transparansi dan GCG yaitu Umum, Ikhtisar Data Keuangan Penting, Laporan Dewan Komisaris dan Direksi, Profil Perusahaan, Analisa dan Pembahasan Manajemen atas Kinerja Perusahaan, Good Corporate Governance, Informasi Keuangan dan Lain-lain. Proses penjurian dilakukan melalui tahapan penilaian atas laporan tahunan dari seluruh peserta. Selanjutnya, dari hasil penilaian tersebut Dewan Juri menentukan nominasi pemenang dari setiap kategori untuk masuk tahap wawancara. Berdasarkan kriteria dan tahapan penilaian tersebut, Astragraphia meraih peringkat 3 dari 70 peserta untuk kategori Private Non Keuangan Listed dengan nilai total 78,92 (dari jumlah maksimum nilai 100,00).

Sebagai pemenang ARA 2012, Astragraphia antara lain mendapat sertifikat Pengecualian Pemeriksaan Pajak untuk Tahun Pajak 2012 dari Direktorat Jenderal Pajak - Kementerian Keuangan Republik Indonesia; Pemotongan biaya annual listing fee untuk tahun 2014; Pendidikan Profesional Berkelanjutan (PPL) dari Ikatan Akuntan Indonesia; dan Pengurangan biaya Pemeringkatan atas Perusahaan tahun 2013, Riset Ekuitas dan Laporan Publikasi Sectoral Review serta Indonesia Rating Highlight dari Pefindo.

"Penghargaan ini merupakan motivasi bagi setiap insan Astragraphia untuk terus menjunjung tinggi penerapan prinsip tata kelola yang baik yang telah dirintis oleh Astragraphia selama ini.  Hal ini secara umum berguna untuk menunjang pencapaian pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, dan secara khusus untuk meningkatkan daya saing Astragraphia di industrinya," demikian sambutan dari Lukito Dewandaya, Presiden Direktur Astragraphia.