, 26 February 2013
SIARAN PERS - PermataBank, Monitise dan BlackBerry Kerja Sama Hadirkan BBM Money, Layanan Pembayaran Mobile Melalui BlackBerry Messanger

Jakarta, Indonesia - Lembaga keuangan Indonesia, PT Bank Permata Tbk (PermataBank), BlackBerry (NASDAQ: BBRY; TSX: BB), dan pemimpin Mobile Money Monitise plc (LSE: MONI.L) mengumumkan peluncuran percontohan komersial BBM Money. Dengan fitur BBM Money, pelanggan dapat membuat dan mengakses rekening mobile dari smartphone BlackBerry mereka dan melakukan pembayaran langsung (real-time) ke kontak BBM mereka yang juga telah mendaftar ke layanan yang sama. Pelanggan juga dapat membeli pulsa isi ulang telepon seluler dan mentransfer uang ke rekening bank.

Dikembangkan oleh PT AGIT Monitise Indonesia (AGIT Monitise Indonesia), sebuah perusahaan patungan antara Monitise Asia Pasifik dan Astra Graphia Information Technology (AGIT), bagian dari Astra International Group, serta diterbitkan dan dikelola oleh PermataBank, BBM Money membuat debut percontohan komersial di Indonesia, di mana pelanggan dapat dengan mudah mengisi uang ke dalam rekening mobile mereka dari rekening bank apa pun di Indonesia. PermataBank akan mengeluarkan rekening mobile dan memproses transaksi keuangan. Layanan ini dilindungi oleh langkah-langkah keamanan bank-grade termasuk kode akses, enkripsi, pemantauan dan batas seperti yang dipersyaratkan oleh PermataBank di bawah ketentuan Bank Indonesia.

David Fletcher, Direktur Utama PermataBank mengatakan, "Kami sangat senang bekerja sama dengan mitra strategis kami dalam mengembangkan layanan inovatif dan revolusioner ini dan kami ingin menyampaikan penghargaan yang tulus kepada regulator, terutama Bank Indonesia atas dukungannya dalam proses mewujudkan layanan ini. Inisiatif ini merupakan respon terhadap pertumbuhan pelanggan dan kebutuhan masyarakat akan layanan perbankan yang mudah dan nyaman dengan menggunakan smartphone mereka. Ini sejalan dengan visi kami untuk menjadi pelopor dalam memberikan solusi keuangan yang inovatif dan juga mencerminkan dukungan kami terhadap konsep Bank Indonesia tentang masyarakat cashless di Indonesia."

Lauren Sulistiawati, Direktur Retail Banking PermataBank menambahkan, "Ini adalah suatu inovasi game-changing ketika transaksi perbankan dapat dilakukan semudah chatting di BBM dan pengguna dapat membuka rekening mobile langsung di smartphone BlackBerry mereka. Kami sangat senang membuat solusi ini untuk smartphone Blackberry yang banyak digunakan di Indonesia. Layanan ini akan memungkinkan kami untuk menyederhanakan kehidupan jutaan pelanggan Blackberry di Indonesia. Aspek penting lain dari BBM Money adalah adanya kepercayaan total dan keyakinan dalam keamanan layanan bagi para penggunanya. Dengan PermataBank sebagai bank penerbit dan AGIT Monitise Indonesia bekerja di belakang layanan ini, pengguna BBM Money mengetahui bahwa mereka memiliki mitra yang terbukti merupakan bank yang memiliki standar bank-grade. Hal ini akan memberikan pelanggan BBM Money jaminan dan kepastian yang mereka cari."

"Kami sangat senang Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang mengembangkan layanan pembayaran perorangan melalui BBM," ujar Calvin Lim, Direktur AGIT Monitise Indonesia. "Smartphone BlackBerry adalah ponsel favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, dengan BBM menjadi layanan paling populer dan sangat dibutuhkan. BBM Money memungkinkan pelanggan BlackBerry untuk melakukan pembayaran mobile dengan cepat, mudah dan aman."

"BlackBerry memimpin pasar ponsel dan smartphone di Indonesia, di mana BBM sangat populer bagi pelanggan kami," kata T.A. McCann, Vice President BBM and Social Communities BlackBerry. "BBM Money, yang menggunakan layanan BBM dari BlackBerry, akan memperluas cakupan layanan BBM dari percakapan real-time menjadi kesempatan untuk terlibat secara bermakna dan nyaman. Kami sangat senang untuk menjadi bagian percontohan ini di Indonesia, di mana BBM menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari."

"Dengan BBM Money, pelanggan BlackBerry dapat menikmati transaksi keuangan mobile dengan mudah, nyaman dan aman kapan pun dan di mana pun. Kami berkomitmen untuk bekerjasama dengan para mitra untuk menghadirkan layanan yang dapat memperkaya gaya hidup mobile pelanggan BlackBerry," Maspiyono Handoyo, Managing Director BlackBerry untuk Indonesia menambahkan.

Melalui proses pendaftaran sederhana yang ada di dalam aplikasi, pelanggan BBM dapat membuat sebuah akun BBM Money dengan PermataBank dan dapat mulai mengisi uang tunai ke dalam akun tersebut melalui salah satu dari 70.000 ATM di Indonesia. Setelah dating ke lokasi-lokasi yang telah ditentukan untuk melakukan pemeriksaan identitas, pelanggan dapat dengan aman melakukan pembayaran ke kontak BBM mereka yang sama-sama memiliki layanan BBM Money dan mentransfer uang ke rekening bank lain dengan menggunakan aplikasi ini. Pelanggan juga dapat membayar airtime seluler atau mengisi ulang pulsa kartu prabayar keluarga atau teman-teman mereka. Fitur inovatif lainnya adalah, para pelanggan yang aktif membeli atau menjual melalui BBM dapat melakukan pembayaran dengan segera dan aman. Saat ini perdagangan melalui grup BBM tengah marak di Indonesia.

"Monitise terus bekerja sama dengan mitra-mitranya untuk membuat uang benar-benar menjadi mobile di seluruh dunia bagi semua orang," kata Alastair Lukies, CEO Monitise Group. "Fokus kami di Indonesia, seperti di Asia Pasifik dan di seluruh dunia, berpusat untuk menjadi pembuka jalur di jantung pertumbuhan ekosistem Mobile Money, membantu lembaga keuangan dan penyedia layanan lainnya memberikan layanan yang semakin inovatif dan aman untuk pelanggan mereka . "


Tentang PT Bank Permata Tbk.

PT Bank Permata Tbk (PermataBank) merupakan hasil merger 5 (lima) Bank yaitu PT. Bank Bali Tbk, PT. Bank Universal Tbk, PT. Bank Artamedia, PT. Bank Patriot dan PT. Bank Prima Ekspress pada tahun 2002, dan saat ini telah berkembang menjadi sebuah bank swasta utama yang menawarkan produk dan jasa inovatif serta komprehensif terutama disisi delivery channel-nya termasuk Internet Banking dan Mobile Banking. PermataBank memiliki visi menjadi Pelopor dalam memberikan solusi finansial yang inovatif. Melayani sekitar 2 juta nasabah di 58 kota di Indonesia, PermataBank memiliki 303 cabang (termaksuk 13 cabang Syariah), 27 cabang bergerak (Mobile Branch), dua Payment Point, 816 ATM dengan akses dilebih dari 70.000 ATM (VisaPlus, Visa Electron, MC, Alto, ATM Bersama dan ATM Prima).

Pengakuan terkini atas pencapaian PermataBank adalah 3 penghargaan Stevie Award dalam The 9th International Business Awards (IBA) 2012 untuk ELT Forum sebagai the "Internal Communications Campaign/Program of the Year" (Silver Award), Unite for Education (UFE) sebagai the "Public Service Campaign of the Year" (Silver Award) dan Life Skills through Soccer Development School - CSR Program sebagai the "Community Relations Campaign of the Year" (Bronze Award), Best Domestic Provider of FX Services di Indonesia oleh Asiamoney, MURI Award untuk pencapaian dan 4 layanan inovatif yang pertama di Indonesia serta menjadi terobosan dalam hal layanan kepada nasabah seperti Bank pertama yang menyediakan layanan pembukaan rekening di cabang melalui komputer Tablet secara online (Permata e-form) - Bank pertama yang memberikan jaminan waktu tunggu nasabah di Teller maksimal 8 menit - PermataTel sebagai peraih nilai tertinggi 7 kali berturut-turut untuk layanan Call Center dan Bank nasional pertama yang meluncurkan layanan navigator (notifikasi transaksi dan pembayaran) bagi pemegang kartu kredit. Bank terbaik kedua dalam pelayanan prima dari MRI-InfoBank 2011/2012, AsiaMoney sebagai "Fixed Income Poll 2011 - Overall Best Domestic Credit Service Provider in Indonesia dan Foreign Exchange Poll 2011 - Best Domestic Provider of FX Services in Indonesia as voted by Corporates", The Best in Building and Managing Corporate Image untuk kacategori Bank Nasional dengan aset < Rp 100 triliun dariBloomberg Business Week dan Frontier Consulting Group 2011, Penghargaan dari The Asian Banker atas Mobile Phone Banking terbaik se Asia Pasifik tahun 2011. Website PermataBank dapat diakses di http://www.permatabank.com


Tentang AGIT Monitise Indonesia

PT Agit Monitise Indonesia merupakan perusahaan patungan (PMA) antara PT Astra Graphia Information Technology dan Monitise Asia Pacific menghadirkan solusi mobile banking, pembayaran dan jasa perdagangan yang aman di Indonesia.

AGIT berdiri tahun 2004, adalah perusahaan bisnis yang berbasis informasi dan teknologi dan bagian dari PT Astra Graphia, Tbk (IDX: ASGR), dengan pemegang saham mayoritas adalah PT Astra International Tbk (IDX: ASII). Terhitung dari tanggal 31 Desember 2012, Astra mempunyai karyawan lebih dari 185,850 orang dengan 170 perusahaan, termasuk anak perusahaan, dan perusahaan dengan mayoritas saham terbesar. Astra merupakan salah satu perusahaan terdaftar di Indonesia.
Untuk informasi lain dapat diilhat di www.agitmonitse.com


Tentang Monitise Asia Pacific

Monitise Asia Pacific merupakan perusahaan patungan 50/50 antara Monitise plc dan First Eastern Mobile Investments Ltd, bagian dari First Eastern Investment Group, yang didirikan tahun 2010 untuk mengembangkan solusi mobile banking, pembayaran dan jasa perdagangan di area Asia Pacific. First Eastern merupakan perusahaan investasi yang utama di Hong Kong dan juga bergerak pada direct investment di Cina, didirikan oleh Victor Chu pada tahun 1988. Website kami dapat dikunjungi di www.monitise.com/ap


Tentang Monitise

Monitise plc (LSE: MONI) adalah perusahaan yang memimpin dalam teknologi dan jasa dalam menghadirkan mobile banking, pembayaran dan jaringan perdagangan di dunia. Monitise memungkinkan institusi keuangan dan perusahaan pembayaran untuk mengembangkan bisnis mereka dengan cara melindungi pelanggan melalui transaksi yang aman sementara itu meningkatkan perdagangan melalui mobile.

Monitise memperkuat solusi perbankan yang dihantarkan pada area pelanggan atau melalui jasa cloud. Nilai dari pembayaran dan transfer yang diprakarsai melalui platform Monitise teknologi adalah lebih dari US$31 milyar per tahun. Monitise merupakan perusahaan mendunia yang mempunyai partner dan pelanggan yang spesifik dan khusus menggunakan solusi platform lengkap dan berkemampuan adaptasi mereka. Informasi lain terkait Monitise dapat dilihat pada website kami: www.monitise.com


Tentang BlackBerry

BlackBerry®, pemimpin global dalam inovasi nirkabel, merevolusi industri mobile dengan memperkenalkan produk-produk BlackBerry® pada 1999. Saat ini, produk dan layanan BlackBerry telah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia yang menggunakan produk-produk BlackBerry agar tetap tersambung dengan pengguna lain dan konten-konten yang berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Pertama kali berdiri pada 1984 di Waterloo, Ontario, BlackBerry saat ini beroperasi di Amerika Utara, Eropa, Asia Pasifik dan Amerika Latin. BlackBerry saat ini terdaftar di NASDAQ Stock Market (NASDAQ: BBRY) dan di Toronto Stock Exchange (TSX: BB). Untuk informasi lebih, lanjut kunjungi www.blackberry.com.