Jakarta - London, 28 July 2011

Jakarta 28 Juli 2011 - PT Astra Graphia Tbk (ASGR) melalui anak perusahaannya, PT Astra Graphia Information Technology (AGIT) memasuki bisnis mobile banking, bekerja sama dengan Monitise Asia Pacific Limited dengan menandatangani joint venture agreement pada hari ini di Jakarta. Investasi awal kerja sama ini berjumlah USD 2,000,000 yang akan ditingkatkan sesuai kebutuhan, dengan komposisi kepemilikan saham 51% AGIT dan 49% Monitise Asia Pacific. 

Perusahaan joint venture, PT AGIT Monitise Indonesia akan menyediakan platform yang mampu memberikan dukungan software dan solusi terhadap layanan mobile banking, mobile payment dan mobile commerce yang memudahkan bank, lembaga keuangan, mobile operators, dan penyedia layanan lainnya melakukan layanan pelanggan, pembayaran dan perdagangan secara bergerak (mobile). Selain itu bagi masyarakat yang tidak memiliki rekening bank atau yang memiliki akses terbatas terhadap layanan keuangan utama, akan disediakan juga layanan mobile wallets. 

PT AGIT Monitise Indonesia akan menggunakan platform teknologi dari Monitise yang telah dibangun sejak tahun 2006 dan digunakan untuk menyediakan layanan mobile money di UK, USA, India dan Hong Kong. 

Bank Permata, salah satu dari 10 bank terkemuka di Indonesia, telah menandatangani memorandum of understanding dengan AGIT dan Monitise Asia Pacific sebagai kesediaannya untuk menggunakan platform teknologi yang ditawarkan ini. 

Lukito Dewandaya, Presiden Direktur ASGR dalam penjelasannya sesaat setelah menghadiri penandatanganan Joint Venture Agreement antara AGIT dan Monitise Asia Pacific mengatakan, "Pendirian PT AGIT Monitise Indonesia sesuai dengan strategi Astragraphia Group dalam mengembangkan bisnis DICT (Document, Information, and Communication Technology). Mobile Solution merupakan salah satu dari future business di bidang DICT yang pasarnya sangat menjanjikan dan memang sudah diincar oleh ASGR." 

Jusuf Salim, Presiden Direktur AGIT mengatakan: "Solusi bergerak (mobile solution) saat ini sedang berkembang dengan pesat di Indonesia. Mobile banking merupakan inovasi berikutnya dalam perbankan dan pembayaran, dan PT AGIT Monitise Indonesia akan menyediakan platform yang terintegrasi, independen dan terpercaya bagi pasar di Indonesia. Kami sangat berbahagia membentuk kerjasama dengan Monitise, pemain handal di bidangnya. Hal ini akan mendukung PT AGIT Monitise Indonesia dengan teknologi kelas dunia dan mobile platform yang disediakan menetapkan standar yang tinggi untuk penggunaan wireless technology dengan skala, keamanan dan kehandalan yang disyaratkan supaya mobile money bisa menjadi kenyataan bagi masyarakat Indonesia." 

CEO Monitise Asia Pacific, Darren Sugden mengatakan "Kami sangat berbahagia dengan dimulainya bisnis kami di Indonesia. Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa, baik secara ekonomi maupun dalam peningkatan penggunaan telepon seluler dalam beberapa tahun terakhir ini, dan kerjasama baru kami ini menjanjikan peluang komersial yang sangat besar bagi setiap pihak yang turut serta di dalamnya." 

Monitise Asia Pacific adalah suatu perusahaan patungan antara Monitise plc, UK dan First Eastern Mobile Investments Ltd, grup usaha dari First Eastern Investment Group, suatu grup perusahaan terkemuka berbasis di Hong Kong. 

Monitise plc (LSE: MONI.L) adalah suatu perusahaan teknologi yang menyediakan layanan mobile banking, mobile payment dan mobile commerce di seluruh dunia dengan teknologi yang terbukti dan ahli untuk memungkinkan lembaga keuangan dan penyedia layanan lainnya menawarkan berbagai layanan kepada pelanggan mereka di pasar negara maju dan berkembang. VISA Inc. adalah salah satu pemegang saham dari Monitise plc. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di www.monitisegroup.com 


Catatan:

PT Astra Graphia Tbk (ASGR) adalah suatu anak perusahaan dari PT Astra International Tbk, yang berdiri sejak tahun 1976 dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1989. ASGR fokus sebagai penyedia solusi bisnis berbasis teknologi dokumen, informasi dan komunikasi, melalui dua unit usaha yaitu Document Solution dengan partner utama Fuji Xerox, dan unit usaha ICT Solution melalui PT Astra Graphia Information Technology (AGIT). ASGR mempunyai jaringan 77 titik layan yang tersebar di 22 kantor cabang di seluruh Indonesia. 


Untuk Informasi lebih lanjut:

Susy H. Widjaja

Corporate Secretary PT Astra Graphia Tbk

Telp 390 9190 ext 1060 / Fax 390 9151

www.astragraphia.co.id