Jakarta, 11 January 2007

Jakarta - Perusahaan Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat perusahaan dan obligasi PT Astra Graphia Tbk dari A- (A minus) menjadi A dengan outlook stabil.

Obligasi yang naik peringkat itu adalah obligasi pertama yang diterbitkan tahun 2003 senilai Rp 150 miliar. Jumlah obligasi yang beredar per 30 Juni 2007 telah berkurang menjadi Rp 118 miliar karena perusahaan telah melakukan pembelian kembali (buy back).

Peringkat yang baru ini berlaku untuk periode 26 Oktober 2007 hingga 27 Oktober 2008. Demikian penjelasan analis Pefindo, Vonny Widjaja dan Niken Indriarsih dalam siaran pers, Kamis (1/11/2007).

Kenaikan peringkat ini mencerminkan proteksi arus kas Astra Graphia yang kuat dan membaik, posisi perusahaan yang kuat di bisnis solusi dokumen serta permodalan perusahaan yang konservatif.

"Namun peringkat ini masih dibatasi oleh ketergantungan perusahaan terhadap produk Fuji Xerox dan persaingan yang ketat di industri," jelas Pefindo.

Astra Graphia adalah anak usaha PT Astra Internasional Tbk dengan saham 76,87%, yang bergerak di bisnis solusi dokumen dan juga menyediakan jasa solusi teknologi informasi melalui PT SCS Astragraphia Technologies (SAT). SAT adalah sebuah perusahaan patungan dengan Singapore Computer System Limited (SCS) dengan kepemilikan Astra Graphia 49%. (ir/qom)

Berita diambil dari www.detikfinance.com