Jakarta, 20 August 2008

Jakarta, 20 Agustus 2008 – Pemegang Saham PT Astra Graphia Tbk (ASGR) telah menyetujui Rencana ASGR membeli saham PT SCS Astragraphia Technologies (SAT) dari Singapore Computers Systems Limited (SCS). Hal ini diumumkan dalam press conference hari ini setelah ASGR mendapat persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa yang diadakan sebelumnya. Jumlah saham SAT yang dibeli ASGR sebanyak 39.269 saham yang mewakili 50,99% dari modal disetor SAT dengan harga beli sebesar Rp89.997.708.175,-. Sebelumnya ASGR sudah memiliki 37.730 saham yang mewakili 49% dari modal disetor SAT sehingga dengan demikian ASGR akan memiliki 99,99% kepemilikan dalam SAT.

Persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham ini merupakan salah satu syarat yang ditentukan dalam Perjanjian Jual Beli Saham (Conditional Share Purchase and Joint Venture Termination Agreement) tanggal 24 Juni 2008 yang telah ditandatangani oleh ASGR dan SCS. SCS juga akan menjual 1 saham kepada PT Intertel Nusaperdana (Intertel), sehingga dengan demikian SAT akan dimiliki oleh ASGR dan Intertel dan mengubah statusnya menjadi perusahaan non fasilitas. Setelah akuisi, kinerja SAT akan dikonsolidasikan ke dalam laporan keuangan ASGR.

Lukito Dewandaya, Presiden Direktur ASGR mengemukakan “Tujuan akuisisi SAT ini adalah sebagai berikut: (i) Memiliki kontrol sepenuhnya untuk menentukan arah dan masa depan SAT; (ii) Mendukung keinginan untuk bertumbuh lebih cepat, secara organik maupun anorganik; (iii) Memiliki peranan yang lebih besar sebagai perusahaan TI di Astra Group; dan (iv) Meningkatkan servis dan kontribusi kepada seluruh pemangku kepentingan (stakeholders). Pada akhirnya melalui akuisisi ini Astragraphia diharapkan mampu lebih cepat meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik lagi.” Akuisisi ini didanai seluruhnya oleh kas internal ASGR.

Catatan:
PT Astra Graphia Tbk adalah perusahaan publik yang didirikan pada tahun 1976, dan mencatatkan sahamnya pada Bursa di Indonesia pada tahun 1989. Astragraphia merupakan penyedia Solusi Bisnis berbasiskan ICT, dengan partner utama Fuji Xerox. Jaringan layanannya tersebar di 75 titik layan yang tersebar 21 kantor cabang dan lokasi lainnya di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut:
Susy Widjaja
Corporate Secretary PT Astra Graphia Tbk
Telp: 390 9190 / Fax: 390 9181