Tokyo, 17 June 2009

Sebuah Kontes untuk Mendorong Usaha Individu maupun Rumah Tangga untuk Memerangi Masalah Pemanasan Global

TOKYO, 17 Juni 2009 – Fuji Xerox Co., Ltd akan menambah jadwal waktu program musim panasnya yang bertujuan meningkatkan kesadaran Lingkungan bagi karyawannya di Jepang dan di luar Jepang, menjadi suatu program tahunan. Program kampanye yang dinamai “Love Earth Action Fuji Xerox (Leafx)” memberikan kesempatan kepada seluruh karyawan untuk berpartisipasi dalam program perlindungan lingkungan dan kegiatan sosial di lingkungan kerja, untuk diterapkan di lingkungan sekitarnya dan di rumah masing-masing. 

Kampanye tahun ini akan dimulai dengan partisipasi aktif di “Kampanye Pengurangan CO2/ Mematikan Lampu” yang dikoordinir oleh Kementrian Lingkungan Hidup Jepang, yang dimulai pada 20 Juni. Fuji Xerox akan menjalankan Kampanye Leafx yang semula dilaksanakan dalam periode terbatas Juni hingga September, menjadi sepanjang tahun, sehingga sebagian besar karyawan dan keluarganya dapat ikut berpartisipasi. Selanjutnya mulai Juli kontes baru yang akan mendorong kegiatan perlindungan lingkungan secara individu mapun rumah tangga akan ditambahkan dalam kampanye ini.

Fuji Xerox sudah menjalankan kampanye Leafx setiap musim panas sejak 2003, dimana cakupan kegiatannya setiap tahun semakin luas; dimulai dari konservasi energi di rumah dan tempat kerja, berpartisipasi dalam kegiatan Kementrian Lingkungan Hidup Jepang tentang “Kampanye Pengurangan CO2/ Mematikan Lampu” pada 2006, dan “Malam Lilin oleh Jutaan Orang” pada tahun 2007. Kampanye Leafx saat ini sudah dilakukan secara global dengan partisipan tak hanya karyawan di Jepang tapi juga di 14 perusahaan afiliasinya termasuk PT Astra Graphia Tbk pada tahun 2008. Total partisipan sudah mencapai 36.500 orang. 

Kontes baru yang akan diluncurkan Fuji Xerox di bulan Juli akan mengajak seluruh karyawan untuk menunjukkan hasil karyanya, misalnya proyek membuat tas dari pakaian bekas, partisipasi mingguan dalam kegiatan kebersihan lingkungan, atau membuat rak buku dari botol plastik bekas. Hadiah berupa barang yang ramah lingkungan, akan diberikan kepada peserta dengan usaha terbaik.

Ada juga program lain untuk karyawan yang disebut “Relawan Sistem Poin”. Karyawan mengumpulkan poin dengan cara melaporkan setiap kegiatan yang diikuti di program kampanye Leafx . Hadiah akan diberikan kepaya perusahaan, cabang dan individu yang mendapat poin tertinggi.
Nilai poin yang dikumpulkan oleh peserta menjadi dasar Fuji Xerox untuk menyumbang sejumlah uang dengan nilai yang sama ke UNICEF dan WWF (World Wide Fund for Nature). Melalui program ini karyawan dan perusahaan dimungkinkan untuk menyumbang kepada masyarakat sekitar 329.430 Yen di tahun fiskal 2008. Dengan diperpanjangnya program kampanye ini menjadi program sepanjang tahun, maka diharapkan sumbangan yang akan diberikan dapat lebih besar lagi.