Tokyo, 11 June 2009

Tokyo, 11 Juni 2009 – LED (light-emitting diode) print head beresolusi tinggi yang dikembangkan oleh Fuji Xerox, memenangkan “The Imaging Society of Japan’s Technology Award” pada 10 Juni 2009. LED print head dengan perangkat sinar pemindai otomatis (self scanning light emmiting device) ini merupakan bagian penting dari produk multifungsi berwarna dan printer berwarna Fuji Xerox.

Pengembangan pemindai otomatis LED beresolusi 1.200 dpi bersama dengan pengembangan ASIC (application-specific integrated circuit) menyempurnakan kinerja LED print head konvensional dan menghasilkan resolusi yang lebih tinggi. Pada saat pemberian award, Asosiasi Imaging Jepang mengakui kontribusi LED print head Fuji Xerox pada kemajuan teknologi elektrofotografik. 

LED print head tidak membutuhkan cermin poligon (banyak sudut) maupun motor untuk memutar cermin, sehingga saat beroperasi tingkat kebisingan karena banyaknya pergerakan dapat dikurangi. Keunggulan ini mengatasi kekurangan LED print head konvensional yang mengalami kesulitan dalam mewujudkan kualitas gambar yang lebih tinggi, karena terlalu banyak elemen lampu yang menyebabkan cahaya yang dihasilkan berfluktuasi sehingga menghasilkan densitas warna yang tidak stabil. 

Fuji Xerox menjawab masalah ini dengan mengembangkan lampu pemindai otomatis (self-scanning light-emiting – SLED1) LED beresolusi 1.200 dpi bersama dengan teknologi DELCIS2 yang mampu mengontrol semua elemen cahaya dengan cepat dan terpadu melalui ASIC tunggal berkinerja tinggi. Selain itu Fuji Xerox juga mengadopsi penggunaan lensa dengan karakteristik optik yang seragam untuk membuat struktur sederhana dari LED print head beresolusi tinggi (1200 x 2400 dpi) (lihat gambar 1) yang mampu menciptakan gambar berkualitas setara atau lebih tinggi dari hasil yang dicetak dengan sistem raster output scanner (ROS). 

 

  1. Perangkat Self-Scanning Light Emitting : suatu perangkat yang dapat memancarkan cahaya secara berurutan dari elemennya
  2. Digitally Enhanced Lighting Control Imaging System: suatu teknologi yang mengontrol penyinaran LED yang digunakan khusus untuk SLEDs. Koreksi jumlah cahaya secara tepat dapat dicapai dengan kontrol terpadu ASIC atas semua SLED, yang menghasilkan resolusi tinggi 1200 x 2400 dpi. DELCIS adalah merek dagang terdaftar di Jepang. 

 

Fuji Xerox mula-mula menggunakan LED print head ini pada empat model mesin multifungsi digital berwarna, yaitu ApeosPort-III C3300/C2200, dan DocuCentre-III C3300/C2200 yang diluncurkan pada November 2007. Selanjutnya perangkat ini juga digunakan di produk kunci seperti printer berwarna DocuPrint C2250 dan mesin multifungsi digital berwarna ApeosPort-III C3305 dan C2205 yang diluncurkan pada November 2008.