Jakarta, 11 April 2012

Jakarta, 11 April 2012 - PT Astra Graphia Tbk (ASGR) mengumumkan hari ini bahwa kerja sama patungan antara anak perusahaannya, PT Astra Graphia Information Technology (AGIT) dan Monitise Asia Pacific telah siap melakukan kegiatan operasionalnya. Perusahaan patungan ini - PT AGIT Monitise Indonesia - telah berhasil menyelesaikan instalasinya di data centre yang terletak di Jakarta untuk mendukung seluruh spesifikasi dari mobile banking, mobile payments dan mobile commerce. 

PT AGIT Monitise Indonesia menyediakan platform yang memungkinkan bank, mobile operators, pedagang eceran (retailers), dan penyedia jasa lainnya terkoneksi dengan suatu jaringan antar operator sepenuhnya dan aman sehingga mereka dapat mengirimkan layanan bergerak (mobile services) kepada pelanggan yang memiliki rekening bank maupun yang tidak memiliki rekening bank. AGIT menyediakan layanan data centre dan dukungan manajemen lokal terhadap perusahaan patungan ini.

PT AGIT Monitise Indonesia merupakan suatu perusahaan patungan antara PT Astra Graphia Information Technology (AGIT), dan Monitise Asia Pacific Limited, suatu perusahaan patungan yang didirikan di Hong Kong antara Monitise plc, UK (LSE: MONI) dan First Eastern Investment Group, Hong Kong. 

Layanan pertama untuk beroperasi pada platform Indonesia pada pertengahan tahun ini akan diluncurkan bersama dengan PermataBank, salah satu dari 10 besar bank di Indonesia dan terkemuka dalam mobile banking. Layanan baru ini akan memobilisasi jaringan ATM Indonesia yang luas dan terkemuka di dunia, dan infrastruktur pembayaran menggunakan platform teknologi standar bank tingkat internasional dari Monitise. Direktur PT Astra Graphia Tbk, Herrijadi Halim berkata: "Kemampuan tingkat-bank yang inovatif untuk layanan bergerak (mobile services) baru yang kami ciptakan di Indonesia dengan data centre kami di Jakarta mencerminkan nilai dan pentingnya kita menempatkan pada bisnis Teknologi Dokumen, Informasi dan Komunikasi kami yang sedang berkembang. Sifat bergerak (mobile) berperan penting dalam mendorong pertumbuhan." Direktur AGIT, Arifin Pranoto menambahkan: "Menyediakan suatu platform yang dapat dipercaya untuk menghasilkan gelombang inovasi berikutnya dalam perbankan dan pembayaran yang mobile adalah kunci dari aspirasi kami, dan kami gembira dengan peran penting kami membuat hal ini menjadi kenyataan."

Komentar ini disampaikan di forum bisnis utama (key business forum) di Jakarta dalam kunjungan delegasi pemerintah Inggris ke Indonesia yang dipimpin oleh Perdana Menteri David Cameron dan Menteri Perdagangan dan Industri Lord Green, yang mengakui penting dan cepatnya pertumbuhan hubungan perdagangan antara negara Inggris dan Indonesia. Pertemuan ini juga dihadiri oleh Gita Wirjawan, Menteri Perdagangan Republik Indonesia. 

Lord Green berkata: "UKTI (Perdagangan dan Investasi Inggris) sangat fokus mendukung bisnis-bisnis yang dapat dieksplorasi dan kesempatan yang ada. Menjalin kemitraan antara negara-negara dan perusahaan-perusahaan sangat penting dalam menciptakan dan mempertahankan pekerjaan baru, investasi dan keunggulan kompetitif baik di pasar yang sudah ada maupun yang baru. Keberhasilan dalam bisnis bergantung pada kesempatan yang ditangkap dalam pasar yang bergerak cepat, dan kami melihat suatu contoh yang jelas tentang hal ini pada hari ini di Jakarta melalui kerjasama antara Astra Graphia dari Indonesia dan Monitise dari Inggris." 

Chief Executive dari Monitise Group, Alastair Lukies berkata: "Dengan pasar yang luas, budaya yang bersemangat, kewirausahawan yang jeli, serta pelanggan yang diuntungkan dari meningkatnya kesejahteraan, keunggulan Indonesia semakin meningkat sebagai pelaku ekonomi utama dunia. Monitise merasa terhormat telah dipilih oleh Astra Graphia untuk membantu mengembangkan layanan bergerak (mobile services) yang dapat menambah kemudahan bagi pelanggan dan kegiatan usaha Indonesia. Kami yakin skala dan pelanggan yang luar biasa yang dicapai Astra Group dan kehandalan dalam layanan keamanan bergerak (mobile secure services) yang disediakan oleh Monitise akan menjadi kombinasi yang kuat."

Dia menambahkan: "Platform kami memungkinkan pelanggan yang memiliki rekening bank dapat berhubungan dengan keuangan mereka melalui telepon selular pintar (mobile smart phone), melakukan pembayaran dan mengirim uang kepada teman-teman atau keluarga mereka. Kami juga memiliki kemampuan menyediakan jasa kepada masyarakat yang "belum memiliki rekening bank" yang memiliki telepon selular tetapi tidak mempunyai akses terhadap layanan keuangan dasar atau yang bermaksud bisa mengirim uang kepada yang dikasihinya tanpa harus mengambil resiko dengan metode yang kurang aman lainnya."

Chief Executive Darren Sugden mencatat bahwa Indonesia sudah menjadi pemimpin dalam mengadopsi media mobile dan sosial (mobile and social media). "Kekuatan dari sifat bergerak (mobile) adalah membantu pelanggan yang memiliki rekening bank dan yang belum memiliki rekening bank untuk mengelola keuangan mereka bergerak tidak pernah lebih besar dan dapat membantu memperkuat munculnya secara mengesankan suatu negara sebagai kekuatan ekonomi dunia," katanya. 

 

Catatan:

PT Astra Graphia Tbk (ASGR) adalah suatu anak perusahaan dari PT Astra International Tbk, yang berdiri sejak tahun 1976 dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1989. ASGR fokus sebagai penyedia solusi bisnis berbasis teknologi dokumen, informasi dan komunikasi, melalui dua unit usaha yaitu Document Solution dengan partner utama Fuji Xerox, dan unit usaha ICT Solution melalui PT Astra Graphia Information Technology (AGIT). ASGR mempunyai jaringan 79 titik layan yang tersebar di 27 kantor cabang di seluruh Indonesia.

 

Untuk Informasi lebih lanjut:

Susy H. Widjaja

Corporate Secretary PT Astra Graphia Tbk

Telp 390 9190 ext 1060 / Fax 390 9151

www.astragraphia.co.id

 

Tentang PT Astra Graphia Information Technology (AGIT)

PT Astra Graphia Information Technology (AGIT) adalah perusahaan yang seluruh sahamnya dimiliki oleh PT Astra Graphia Tbk, yang merupakan penyedia solusi bisnis berbasis teknologi ICT terkemuka di Indonesia. (www.ag-it.com) 

 

Tentang PT Astra International Tbk

PT Astra International Tbk didirikan pada tahun 1957 sebagai perusahaan perdagangan. Dalam perkembangannya, Astra International telah menjalin kerja sama strategis dengan pelaku bisnis dunia terkemuka. Sejak tahun 1990 Astra International telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan nilai kapitalisasi per 31 Maret 2012 sebesar Rp 299 trilliun. Astra International saat ini menjalankan 6 lini bisnis, yaitu: Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat dan Pertambangan, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, serta Teknologi Informasi. Per 29 Februari 2012, Astra International mempekerjakan lebih dari 173,043 karyawan di 160 perusahaan, termasuk anak perusahaan, perusahaan asosiasi dan entitas dalam pengawasan bersama. (www.astra.co.id) 

 

Tentang Monitise Asia Pacific

Monitise Asia Pacific adalah suatu perusahaan patungan yang masing-masing 50% sahamnya dimiliki oleh Monitise plc, UK dan First Eastern Mobile Investments Ltd, Hong Kong, bagian dari First Eastern Investment Group. Monitise Asia Pacific didirikan pada tahun 2010 untuk mengembangkan layanan mobile banking, mobile payment dan mobile commerce di kawasan Asia Pacific. First Eastern adalah grup investasi terkemuka berbasis di Hong Kong First Eastern adalah grup investasi terkemuka berbasis di Hong Kong yang menjadi pelopor dalam bidang investasi langsung di China yang didirikan oleh Victor Chu pada tahun 1988. (www.monitisegroup.com/ap)

 

Tentang Monitise plc

Monitise plc (LSE: MONI.L) adalah suatu perusahaan teknologi yang menyediakan layanan mobile banking, mobile payment dan mobile commerce dengan jaringan di seluruh dunia dengan teknologi yang terbukti dan ahli untuk memungkinkan lembaga keuangan dan penyedia layanan lainnya menawarkan berbagai layanan kepada pelanggan mereka di pasar negara maju dan berkembang. (www.monitisegroup.com)